Breaking News

Forum Yasinan Ditetapkan Juara 1 Inovasi Internasional

Bupati Sumbawa Barat, Dr. Ir. H. W Musyafirin., MM 

Forum Yasinan (Layanan Setara Inklusif Andalan) telah menyisikan Inovasi dari negara-negara di Asia Pacifik dan kini bergabung dengan Juara dari Colombia, Nigeria dan Ukraina. Keberhasilan tersebut sekaligus mengantar Kabupaten Sumbawa Barat berhasil menjadi The First Winner World Innovation Spotlight Award Open Government Partnership (OGP) 2021 Korea, 15 Desember 2021.

Open Government Partnership adalah Organisasi dunia yang anggotanya terdiri dari 78 Negara dan 76 Kepala Daerah. Pada OGP Summit Korea 2021 hari ini sekaligus memperingati 10 Tahun OGP dan membangun komitmen keterbukaan pemerintah, Forum Yasinan ditetapkan menjadi Juara 1 Inovasi tingkat Internasional.

Atas penghargaan tersebut, Bupati Sumbawa Barat, Dr. Ir. H. W Musyafirin., MM menyampaikan rasa bangganya. “Saya merasa sangat terhomat atas penghargaan spotlight award atas komitmen kami di forum yasinan. Saya sangat berterimakasih atas pengakuannya, karena saya juga sangat yakin bahwa setiap calon lain sama-sama memiliki kesempatan untuk memenangkan penghargaan ini,” ujar orang nomor satu di Tana Bariri Lema Bariri tersebut.

Bupati menegaskan bahwa, forum yasinan merupakan akronim dari forum pelayanan setara inklusif andalan yang merupakan kanal resmi pengaduan masyarakat untuk menutup fedback loop antara masyarakat dan pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat. Pelaksanaannya dilatarbelakangi permasalahan tidak efektifnya model pengaduan sebelumnya seperti kotak saran, call center, aplikasi pengaduan dan lain-lain. Karena semua itu hanya bersifat satu arah dan rendahnya partisipasi. Digelar seminggu sekali setiap malam jumat, dimana masyarakat menyampaikan keluhannya, disampaikan secara live streaming melalui radio langsung ditanggapi dan ditindaklanjuti.tegasnya

Bupati menambahkan bahwa, Forum yasinan dihadiri oleh pemangku kepentingan, tokoh masyarakat, Bupati beserta jajaran, instansi vertikal, kapolres, dandim, anggota DPRD, camat, lurah, agen gotong royong dan masyarakat sipil lainnya. Semua orang yang hadir disitu setara dengan duduk bersama rakyat, sehingga masyarakat bebas menyampaikan keluhannya.imbuh bupati

Bukan saja sebagai forum menyampaikan aspirasi, tetapi sebagai forum pemantau dan mengevaluasi proses pembangunan, sehingga pemerintah daerah lebih akuntabel dalam memberikan pelayanan publik. Selain akuntabel forum ini juga telah mendorong keterbukaan, karena masyarakat dapat mendengar langsung laporan pembangunan di Kabupaten Sumbawa Barat, dan turut mengawal solusi yang hendak dilaksanakan. Melalui mekanisme ini sejak tahun 2015, telah membuktikan meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah, meningkatnya partisipasi masyarakat dalam pembangunan, mendorong terjadinya kerja-kerja kolaboratif ditengah masyarakat. Ungkapanya

Dengan ke tiga hal tersebut, Pemerintah Daerah telah dapat memenuhi hak-hak masyarakat secara tepat dan lebih baik. Kemiskinan berkurang, indeks pembangunan manusia meningkat, penanganan bencana alam gempa bumi lebih cepat, perlindungan dan pemberdayaan masyarakat berlangsung efektif tanpa konflik, dan lain-lain, termasuk pencapaian terkini yang sangat menggembirakan adalah Kabupaten pertama yang tuntas lima pilar STBM.

Bupati menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh pihak dan staekholder yang telah mendukung terpilihnya Forum Yasinan sebagai The First Winner World Innovation Spotlight Award Open Government Partnership (OGP) 2021 Korea.

Sebelum berita ini ditayangkan, dapat dikabarkan bahwa Pemprov NTB melalui Inovasi NTB Care menjadi Juara dan berada pada posisi III. (Erwin) 

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close