Patroli Sambang Perkuat Sinergi Rutan dan Polres

LOTENG, (Postkotantb.com) - Dalam rangka menjaga keharmonisan antar lembaga, kemarin kegiatan patroli sambang kepolisian resort Lombok Tengah, mendatangi Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Praya Kanwil Kementerian Hukum dan HAM NTB.

Kedatangan anggota Polres Lombok Tengah ini, adalah bentuk sinergi dalam hal deteksi dini terhadap risiko gangguan keamanan dan ketertiban di Rutan Kelas IIB Praya Kanwil Kemenkumham NTB. 

Kedatangan anggota polres tersebut disambut langsung oleh Kepala Rutan Kelas IIB Praya Kanwil Kemenkumham NTB, Jumasih.

Patroli sambang ke Rutan merupakan sebuah kewajiban karena Lapas atau rutan adalah salah satu objek khusus yang kedudukannya serta kepentingannya memerlukan perhatian atau tindakan pengamanan dan sesuai dengan perintah perundang-undangan Polri berkewajiban untuk melaksanakan pengamanan pada objek-objek khusus termasuk Rutan Praya Kanwil Kemenkumham NTB.

Kepala rutan Jumasih mengatakan selain sebagai deteksi dini, kegiatan patroli sambang juga merupakan ajang silaturrahmi untuk lebih mempererat kerja sama antara Pemasyarakatan dan Kepolisian. “Ini adalah salah satu bentuk sinergi yang  terus kami bangun dengan Polres Lombok Tengah,” ujarnya

Salin itu, Jumasih juga menjelaskan patroli sambang yang dilakukan juga untuk mengecek beberapa hal terkait Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Rutan seperti jumlah WBP, jadwal makan WBP, dan lain lain.

Jumasih selaku Kepala Rutan Kelas IIB Praya Kanwil Kemenkumham NTB memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Polres Lombok Tengah yang telah memperhatikan Rutan Praya Kanwil Kemenkumham NTB sebagai salah satu objek khusus yang sering dijadikan titik fokus patroli sambang dari Polres Lombok Tengah dan hal ini sangat bermanfaat dalam mendukung penciptaan kondusifitas keamanan Rutan.

“Koordinasi, komunikasi dan kolaborasi terus kami bangun dengan Polres Lombok Tengah demi mewujudkan sinergitas kedua instansi dalam menciptakan rasa aman di Rutan Praya serta kedepannya akan terus kami tingkatkan.” Pungkas Karutan.

Sementara itu Kapolres Lombok Tengah AKBP Heri Indra Cahyono melalui Kapolsek Praya IPTU Hariono mengatakan, menjaga sinergitas antar lembaga itu penting. 

Sebab setiap lembaga punya keterkaitan satu sama lain. Oleh karenanya, untuk mendukung seluruh program di masing masing lembaga, tentunya dibutuhkan sinergitas bersama.

Menjaga sinergitas tersebut, pihaknya bersama anggota yang lain, mendatangi rutan kelas IIB Praya Kanwil Kementerian Hukum dan HAM NTB.

"Ditubuh kepolisian ada namanya patroli sambang, dengan tujuan menjaga sinergitas dan saling melengkapi tugas masing masing, sehingga kami bersama anggota mengunjungi  Rutan kelas IIB Praya kanwil Kementerian Hukum dan HAM  NTB," katanya

"Kita tidak bisa sukses tanpa kebersamaan, oleh karenanya dengan beberapa program yang dilakukan Polres, adalah salah satu langkah untuk menciptakan kondusifitas demi terwujudnya keamanan dan kenyamanan masyarakat, lebihnya di Rutan kelas IIB Praya Kanwil Kementerian Hukum dan HAM NTB," sambung Kapolsek Praya Timur IPTU Sayum. (AP)