Pengembangan Energi Terbarukan Untuk Percepat Target NTB NET ZERRO EMISSION Menuju NTB Gemilang

Zainal Abidin ( Abe ) Kadis ESDM NTB

Mataram, (postkotantb.com) - Niken Arumdati, ST, M.Sc adaah lulusan sarjana strata 2 Jurusan Technische Universiteit Eindhoven of Netherlands. Kini menjabat sebagai Kepala Seksi Pengembangan Energi Terbarukan pada Dinas ESDM Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Perempuan berdarah Mbojo ini, mewakili Kepala Dinas ESDM NTB, Zaenal Abidin, ST; MM menjelaskan seputar Energi Terbarukan kepada Didin Maninggara dari SuaraPulauNews.com dan TenarNews TV9, Kamis siang, 9 Desember 2021.

Niken Arumdati,ST, M.sc (Kepala Seksi Pengembangan Energi Terbarukan) Dinas ESDM NTB

Minggu akhir November lalu, Niken menghadiri pertemuan Gubernur Zulkieflimansyah dalam rangka menandatangani LoA dengan Pemerintah Denmark di Kedutaan Besar Inggris di Jakarta. Pertemuan itu mendiskusikan rencana kerja sama yang telah diinisiasi pasca pengumuman NTB Netzero Emissions di COP 26. 

Diskusi ini, menurut Niken, selain diikuti oleh dirinya, menampilkan tiga pakar Energi Terbarukan, yaitu :  

1. Sam Hayes, Head of Second Cities, Network and Strategy;

2. David Lutman, Head of Low Carbon Energy &  Infrastructure;

3. Dewi Sari, Senior Trade Manager - Unitet Kingdom (UK) Northern Powerhouse.

Pertemuan yang ditandai dengan penandatangan LoA tersebut, dijelaskan Zaenal Abe di ruang kerjanya, beberapa hari lalu.

Intinya, kata Abe, bahwa dengan rencana kerjasama antara Pemprov NTB dan Pemerintah Denmark dapat diharapkan menggeser mitos tentang energi terbarukan yang mahal berubah menjadi pemahaman dengan paradigma baru Energi Terbarukan yang murah.

Niken menjelaskan, bahwa faktanya, tenaga angin dan matahari sudah lebih murah daripada bahan bakar fosil dibanyak negara.

Selain itu, lanjut Niken, Energi Terbarukan memiliki multi dampak. Di antaranya, terhadap kesehatan manusia dan pemanasan global. 

Niken mempertegas, Energi Terbarukan merupakan transisi hijau, yaitu sistem transformasi energi dari energi fosil yang akan habis jika dikelola seperti penggunaan batubara ke enegi terbarukan yang lebih ramah lingkungan.

'Energi terbarukan itu sendiri adalah sumber energi yang jika dikelola dengan baik tidak akan habis seperti energi yang bersumber dari matahari (PLTS/Pembangkit Listrik Tenaga Surya), angin, air, biomassa dan lain-lain," urainya.

Untuk itu, Zaenal Abidin biasa disapa Abe maupun Niken menyatakan optimistik  Provinsi NTB yang kaya sumber daya energi terbarukan, dapat berkembang baik dan menjadi kebutuhan energi bagi masyarakat secara meluas setelah kerjasama dengan Denmark. 

Sehingga dengan demikian, Abe dan Niken meyakini akan memberikan bantuan dalam pencapaian target dari visi misi NTB Gemilang, yaitu NTB Net Zerro Emissions yang juga baru diumumkan oleh  Wakil Gubernur NTB dalam Forum COP 26 di Glassgow Unitet Kingdom.

"Kerja sama dengan Denmark bertujuan memberikan Provinsi NTB bantuan dalam hal pencapaian target NTB Net Zero Emissions yang diumumkan Bu Wagub di forum COP 26 d Glasgow, UK," tandas Niken menutup keterangan tertulisnya via WhatsApp.(DM)