Rutan Kelas II B Praya, Arsi,Bersih,Adem Memanjakan Warga Binaan dan Pengunjung


 

LOTENG, (postkotantb.com) - Keberadaan Rumah Tahanan (Rutan) Praya Kementerian Hukum dan HAM NTB, yang berlokasi di depan kantor Kepolisian Lombok Tengah (Loteng).

Makin membuat para pengunjung lebih nyaman dan adem. Pasalnya kondisi lingkungan Rutan kelas IIB Praya Kementerian Hukum dan HAM, lebih bersih, adem dan asri.

Seperti yang dikatakan salah seorang pengunjung rutan M. Soleh. Kepada postkotantb.com menuturkan, lingkungan Rutan saat ini lebih menarik dan menyegarkan. Sebab kondisi lingkungannya yang bersih dan asri, membuat pihaknya betah.

"Seandainya pembatasan dan jadwal waktu kunjungan tak ada, setiap hari saya mau datang kunjungi keluarganya, namun karena diberikan batas waktu dan jadwal kunjungan, saya tak bisa berkunjung ke rutan setiap hari," katanya, Jum'at (3/11).

Sementara itu, kepala rutan kelas IIB Praya Kementerian Hukum dan HAM NTB, Jumasih mengaku, memberikan kenyamanan kepada para Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), itu suatu keharusan yang harus ia penuhi. Termasuk memberikan kenyamanan dan lingkungan yang bersih dan asri.

Selain kepada WBP, kepada para pengunjung juga ia sangat perhatikan, sebab siapapun yang datang ke Rutan kelas IIB Praya Kementerian Hukum dan HAM, mereka semua adalah tamu yang harus di berikan rasa nyaman. Sehingga atas dasar itulah, pihaknya berkewajiban untuk memberikan rasa nyaman tersebut, dengan cara menjaga kebersihan lingkungan, melakukan penataan dan yang lainnya.

Selain memberikan manfaat kepada para pengunjung dan WBP, menjaga kebersihan, dalam agama Islam diajarkan untuk hidup bersih, sebab dalam hadis sudah jelas disebutkan, menjaga kebersihan adalah bagian dari iman.

Sehingga berpedoman dari hadits tersebut, pihaknya terus mengingatkan kepada karyawan dan pengunjung untuk selalu menjaga kebersihan. 

"Selain perintah agama, menjaga kebersihan juga menyehatkan," cetusnya. (AP)