Ciptakan Suasana Asri, Penataan Lingkungan Rutan Tetap Terjaga


LOTENG (postkotantb.com) - Menjaga Marwah nama baik lembaga, baik terhadap para pengunjung dan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). 

Keasrian dan kenyamanan di Rumah Tahanan (Rutan) Praya Kementerian Hukum dan HAM NTB, yang berlokasi di depan kantor Kepolisian Lombok Tengah (Loteng), terus dijaga, salah satunya dengan cara menciptakan lingkungan yang asri, dan penataan lingkungan menyehatkan.

Kepala rutan kelas IIB Praya Kementerian Hukum dan HAM NTB, Jumasih mengaku, selain memberikan hak dan kewajiban yang baik kepada para WBP. Pihaknya juga terus mendorong agar lingkungan Rutan menyehatkan, sehingga nantinya mereka para WBP merasa lebih nyaman dan kesehatan mereka terjamin.

Oleh karenanya, semaksimal mungkin pihaknya terus mendorong lingkungan yang sehat dan nyaman di rutan. "Selain hak yang wajib kita penuhi, hak hak yang diluar kewajiban juga kita upayakan kita penuhi, demi memberikan rasa aman dan menyehatkan di lingkungan Rutan," katanya, Sabtu (4/12).

Selain untuk para WBP, menciptakan lingkungan yang bersih dan nyaman, itu juga salah satu langkah dan wujud bukti kepada para pengunjung, kalau lingkungan Rutan menyehatkan. Sehingga Marwah nama baik lembaga tetap terjaga. "Pada intinya, baik kepada WBP ataupun pengunjung kepuasan itu yang kita utamakan. Makanya setiap sekali seminggu kita lakukan pembersihan masal," ujarnya.

Ditambahkan, selain penataan lingkungan, setiap Minggu pihaknya juga meminta masing masing ketua ruangan di masing masing ruangan, melaporkan kondisi ruangan. 

Sehingga dari laporan masing masing ketua ruangan, itu menjadi bahan evaluasi, untuk selanjutnya dilakukan penanganan. "Pada intinya kita upayakan para WBP khususnya, selama di rutan mereka tetap bahagia," ungkapnya.

Selain memberikan manfaat kepada para pengunjung dan WBP, menjaga kebersihan, dalam agama Islam diajarkan untuk hidup bersih, sebab dalam hadis sudah jelas disebutkan, menjaga kebersihan adalah bagian dari iman.

Sehingga berpedoman dari hadits tersebut, pihaknya terus mengingatkan kepada karyawan dan pengunjung untuk selalu menjaga kebersihan. 

"Selain perintah agama, menjaga kebersihan juga menyehatkan," (AP)