Breaking News

Giliran Bupati Kunjungi Korban Banjir, Langsung Menyerahkan Sembako

 


Bupati Sumbawa H.Mahmud Abdullah  saat menyerahkan bansos kepada para korban banjir. foto Lalu Indra postkotantb.com


Sumbawa Besar, (postkotantb com) - Bupati Sumbawa Drs H Mahmud Abdullah bersama sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Sumbawa mengunjungi lokasi banjir bandang 6  Desa di Kecamatan Alas Kamis (17/2)

Dalam kunjungannya itu, Bupati  menyerahkan bantuan berupa paket sembako dan kebutuhan lain kepada warga yang menjadi korban banjir.

“Atas nama pemerintah saya menyampaikan keprihatinan yang mendalam. Semoga dengan musibah ini semua bisa kita ambil hikmahnya,” kata Bupati.

Di hadapan warga, Bupati memberikan semangat agar terjadinya bencana banjir tidak menghalangi aktivitas perekonomian warga, terlebih banjir juga telah surut.

Bupati merasa lega, pasalnya pihak desa maupun kecamatan bersama warga bergotong royong mendirikan posko, sehingga segala bentuk bantuan yang disalurkan oleh pemerintah maupun Donator yang ingin menyumbang bisa melalui posko kecamatan atau langsung ke Desa atau menyerahkan langsung kepada korban. Harapnya.

 “Alhamdulillah warga sudah bergotong royong membersihkan lingkungan, semoga semuanya bisa kembali normal dengan segera,” imbuhnya.

Bupati bersyujur, berkat adanya kerja sama antara Desa, Kecamatan, BPBD Propinsi, Dinas Sosial Propinsi,  BPBD Kabupaten, Dinas Sosial Kabupaten, TNI- Polri, sehingga warga korban banjir merasa terbantu.

Bupati meminta kepada warga yang terdampak banjir,agar tetap tabah dan jangan putus asa menghadapi cobaan ini." Petik hikmahnya mungkin dibalik kejadian ini akan ada kebahagiaan yang akan datang," cetus bupati sembari memberikan semangat kepada korban.

Bupati berharap kepada masyarakat dan juga aparat agar bersama sama membangun kerjasama untuk memelihara hutan yang ada di wilayah desa Marente, agar tidak terjadinya pembalakan liar, yang nantinya akan menimbulkan bencana yang lebih dahsyat, kalau hutan sudah gundul, ujar Bupati.

Ditanya terkait langkah pemerintah dalam menanggulangi banjir yang terjadi , bupati menyebut solusinya tidak sekadar normalisasi.

“Untuk menanggulangi bukan hanya normalisasi, kami juga menghimbau agar warga tidak mendirikan bangunan di daerah yang rawan banjir. Selain itu saya atas nama Pemerintah daerah, berharap kepada warga agar bisa ikut menanam pohon untuk menjaga keseimbangan alam," pintanya.

Bupati Juga mengatakan pada hari pertama  Wakil Bupati serta Gubenur  langsung  turun kunjungi para korban banjir itu luar biasa. Kebetulan saat itu saya berada di luar kota sehingga  sekarang saya bisa turun mengunjungi para korban banjir, terangnya.

Alhamdulillah semuanya bisa di atasi yang walaupun ada satu hal yang saat ini masih menjadi beban dari masyarakat Kecamatan Alas mengenai Air Bersih, karena pipa PDAM yang saat banjir mengalami kerusakan berat.

Dipastikan, kami Pemerintah sudah mengambil langkah langkah dengan menyiapkan truk tengki air sebanyak 4 unit yang setiap harinya akan menyuplai air bersih kepada masyarakat Alas. Dengan adanya Tengki tersebut, maka bisa membantu warga mendapatkan air bersih, tandasnya.

Lanjutnya terkait dengan kerusakan pipa PDAM tersebut, Ia tegaskan persoalan ini harus cepat di kerjakan, karena itu menyangkut kebutuhan yang sangat vital dibutuhkan oleh masyarakat.
Tegasnya.


Asisten 1 Varian Bintoro



Sementara di tempat sama Asisten 1 Varian Bintoro  mengatakan, terkait dengan banjir yang melanda kecamatan Alas yang terdampak ada 797 KK dan 2764 jiwa.

Sementara yang sangat vital yaitu mengenai kurang air bersih karena pipa PDAM mengalami rusak parah, namun pemerintah sudah menyiapkan tengki air  sebanyak 4 Unit yang di kordinir langsung oleh BPBD Kabupaten Sumbawa.

Langkah ini untuk sementara selagi pipa PDAM masih dalam pengerjaan.Lanjut Varian,Tengki tersebut yang nantinya  akan mendistribusikan air setiap harinya kepada masyarakat sekecamatan Alas.

Sementara terkait dengan kerusakan pipa PDAM tersebut, Ia berharap agar masyarakat bisa bersabar, hanya beberapa minggu kedepan dalam perbaikan, akibat kerusakannya cukup parah , jelas Varian.(Lalu)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close