Breaking News

Lombok Tengah Masih Kekurangan Gedung Puskesmas

 


Loteng, (postkotantb.com)- Di Lombok Tengah (Loteng), saat ini baru memiliki 28 Puskesmas yang sudah resmi memiliki izin dan satunya lagi ijinnya masih proses yakni Puskesmas Awang Kecamatan Pujut Lombok Tengah (Loteng).

Kepala Dinas Kesehatan Loteng Suardi mengatakan, melihat dari jumlah penduduk Loteng saat ini. Loteng masih kekurangan 8 Puskesmas.

"Jika merujuk pada jumlah penduduk Loteng saat ini yang jumlahnya satu juta lebih, maka idealnya kita harus memiliki 37 Puskesmas," katanya di ruang kerjanya, Kamis (10/2/22).

Dijelaskan, kapasitas untuk satu Puskesmas itu mewadahi 30 ribu penduduk, namun saat ini melihat kondisi Puskesmas di Loteng baru 29 Puskesmas, mau tidak mau harus mewadahi lebih dari aturan atau lebih dari 30 ribu.

Kendati demikian, Alhamdulillah pelayanan di 29 Puskesmas sudah maksimal.

Selanjutnya, atas kekurangan tersebut pihaknya sudah mengusulkan agar ada tambahan Puskesmas, terutama di kecamatan yang memiliki jumlah penduduk sangat padat, seperti Kecamatan Pujut, Kopang, Praya dan beberapa Kecamatan lainnya. "Kita berdoa saja semoga usulan penambahan Puskesmas dipenuhi, sehingga pelayanan kesehatan untuk masyarakat lebih maksimal," harapnya.

Selain Puskesmas lanjutnya, jumlah Puskesmas Pembantu (Pustu) sebanyak 95, yang tersebar di seluruh wilayah Loteng. Sedangkan Pos Kesehatan Desa (Polindes) batu 135 buah.

Dari jumlah tersebut di atas, untuk Pustu banyak yang sudah rusak parah dan itu sudah di usulkan untuk di rehab, termasuk Polindes. (Apeng)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close