Breaking News

Gawat! Tak Kebagian Bibit Durian, Dana Desa Batu Dulang Disoal

 


Sumbawa Besar, (postkotantb.com)- Warga Desa Batu Dulang, Kecamatan Batu Lanteh, Kabupaten Sumbawa, khususnya para petani, mengeluhkan soal penggunaan dana desa (DD) untuk pengadaan bibit pohon durian.

Pasalnya, sebagian dari petani tidak mendapatkan jatah pemberian bibit tersebut dari pemerintah desa setempat. Bahkan, diduga pihak Badan Pengawasan Desa (BPD) tersebut, tidak pernah dilibatkan sebagai pengawas, selama proses pengadaan berlangsung.

Dari informasi yang dihimpun Post Kota NTB, Pemdes Batu Dulang diduga menganggarkan bibit durian dengan jumlah di atas 200 bibit pohon dengan dana Rp. 40 juta. Namun yang dibagi, tidak sesuai dengan jumlah bibit yang ditetapkan.

Diklarifikasi belum lama ini, Sekretaris Desa (Sekdes) Batu Dulang, Didy, malah berkilah dan menyebut, jumlah bibit yang dibeli hanya sekitar 200 bibit pohon. Dengan asumsi, 100 bibit seharga Rp 120 ribu, perpohon. 100 bibit durian lainnya, seharga pohonnya Rp. 90 ribu.

Jika ditotalkan keseluruhan, maka dana yang digunakan hanya mencapai Rp. 21 juta. Lantas dikemanakan sisa dari dana Rp. 40 juta. "Pelaksanaan pengadaan bibit Durian yang menggunakan DD  sudah sesuai RAB," kilahnya.

Menurut Sekdes, jika memang terdapat sisa dari pembelian bibit durian, dana sisa itu akan masuk ke Siltap. Namun apabila ada temuan dari Ispektorat Kabupaten, maka pihaknyan akan mengembalikan ke Inspektorat.

"Pelaksanaan pembelian bibit durian tidak disertakan dengan surat perjalanan dari desa (SPJDes, red)," tandasnya.(Well)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close