Breaking News

Cara Rutan Kelas IIB Praya, Tanamkan Kesadaran Kepada WBP Selama Ramadhan


Jumasih, Kepala Rutan Kelas IIB Praya Lombok Tengah
 

Solat Tarawih Berjamaah secara bergiliran, datangkan ahli ceramah

Berbagai cara orang mengisi keutamaan bulan Ramadhan, ada yang melakukan kegiatan safari Masjid pada malam harinya, penuh dengan umat muslim melaksanakan solat Tarawih dan yang lainnya. Demikian pula dengan Karutan Praya, mendidik para WBP, selama bulan Ramadhan, diarahkan untuk solat Tarawih secara berjamaah di lapangan setempat dan didatangkan penceramah dari luar

SAPARUDDIN

LOMBOK TENGAH

MUSLIM Bulan suci Ramadhan menjadi bulan yang paling dinanti dan dirindukan oleh umat muslim di seluruh dunia. Keberkahan yang hanya ada di dalam bulan suci tersebut menjadikan umat Islam merasakan nikmatnya menjalani ibadah.

Pada bulan ini manusia juga diharapkan untuk banyak berdoa dan berbuat kebajikan agar bencana dan musibah yang melanda bangsa Indonesia, diharapkan untuk dijauhkan dari negeri tercinta.

Ada banyak keutamaan yang dimiliki bulan suci Ramadhan, salah satunya adalah bulan penuh pengampunan. Umat muslim akan saling berlomba untuk mensucikan diri dari dosa-dosa yang telah diperbuat.

Hal tersebut inilah yang menjadikan bulan Ramadhan menjadi bulan yang suci.

Selain itu ada 9 keutamaan bulan suci Ramadhan. 1. Bulan Diturunkannya Alquran. Diturunkannya Alquran pada bulan ini menjadi bukti nyata atas kemuliaan dan keutamaan bulan Ramadhan.

2. Bulan Penuh Keberkahan
Keutamaan bulan Ramadhan lainnya adalah bulan ini juga kerap disebut dengan bulan syahrun mubarak.

3. Bulan Penuh Pengampunan
Keutamaan bulan Ramadhan juga sebagai sebuah momen yang paling baik untuk penghapusan dosa-dosa atau bertaubat.

4. Dibukanya Pintu Surga dan Ditutupnya Pintu Neraka
Keutamaan bulan Ramadhan lainnya adalah bahwa pintu-pintu surga terbuka dan pintu-pintu neraka tertutup serta setan-setan diikat.

5. Pahala Dilipatgandakan pada Bulan Ramadhan. 6. Adanya Malam Lailatul Qadar

Keutamaan bulan Ramadhan lainnya adalah dengan hadirnya malam penuh kemuliaan dan keberkahan di salah satu malam pada malam-malam terakhir dan ganjil di bulan Ramadan, yaitu malam Lailatul Qadar.
Di bulan Ramadhan terdapat suatu malam yang lebih baik dari seribu bulan, yaitu Lailatul Qadar (malam kemuliaan). Pada malam inilah yaitu 10 hari terakhir di bulan Ramadan adalah saat diturunkannya Alquranul Karim.

7. Bulan Ramadhan Bagian dari Rukun Islam Allah SWT telah menjadikan puasa yang dilakukan pada bulan Ramadhan sebagai rukun yang keempat dari rukun Islam.

8. Doa di Bulan Ramadhan Mustajab dan ke 9. Puasa Bulan Ramadhan Pahalanya Senilai Puasa 10 Bulan.

Banyaknya kelebihan di bulan ini, menjadi penyemangat untuk memanfaatkan bulan ini, sebagai bulan penyadaran dan membimbing para Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) untuk lebih baik, sehingga mereka nantinya, selepas di lapas bisa mengubah diri.

"Tidak ada hal yang mustahil jika Allah berkehendak dan kami memanfaatkan bulan ini untuk menyadarkan mereka, melalui solat Tarawih berjamaah dan mendatangkan penceramah dari luar," Tutur Kepala Rutan kelas IIB Praya, Jumasih  kemarin.

Demi kelancaran program selama Ramdhan, pihaknya telah membuatkan jadwal khusus kepada seluruh WBP untuk mengisi bulan ini dengan perbuatan yang mengarah kepada peningkatan akhlak, yang mengarah kepada penyadaran diri masing masing.

"Momentum Ramdhan ini, kita manfaatkan dengan sebaik baiknya, dalam rangka memberikan penyadaran kepada WBP, melalui sentuhan keagamaan," Ujarnya.

Sentuhan keagamaan yang dimaksud adalah, memberikan kebebasan untuk melaksanakan solat Berjamaah, mulai dari solat isya hingga melaksanakan solat berjamaah tarawih, seperti yang sudah dilakukan di malam pertama  dan Insyallah sampai seterusnya.

"Program ini tetap menerapkan protokol kesehatan," Ungkapnya "Izin untuk berjamaah di luar kamar kami berikan dengan catatan semua bertanggung jawab terhadap keamanan dan ketertiban" ulasnya.

Lebih lanjut, Jumasih menjelaskan bahwa selama bulan Ramadhan kegiatan akan dimulai pukul 19.00 dengan sholat Isya berjamaah, dilanjutkan dengan sholat tarawih berjamaah, dilanjutkan dengan ceramah yang didatangkan dari luar, setelah itu baru dilanjutkan dengan tadarus bersama hingga pukul 23.00..

Jumasih juga menjelaskan dalam rangka peningkatan kewaspadaan maka telah dibuatkan jadwal piket staf perbantuan pengamanan kegiatan selama bulan Ramadhan 1443 H.

"Ini sebagai strategi pengamanan dalam memberikan perlindungan keamanan,ketertiban dan keselamatan terhadap Petugas, Narapidana, Tahanan dengan menerapkan protokol kesehatan guna pencegahan penyebaran dan penularan Covid-19 selama pelaksanaan kegiatan" pungkasnya. (**)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close