Breaking News

Jalankan Fungsi Binter, Babinsa Pratim Aktif Komsos Dengan Warga Binaan

 


Loteng, (postkotantb.com) - Dalam rangka menjalankan fungsi Pembinaan Teritorial (Binter), Babinsa Koramil 1620-08/Praya Timur, Sertu M. Makmun, melakukan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan Tokoh masyarakat yang ada di Dusun Selong Desa Kidang Kecamatan Praya Timur,
 Rabu (27/4).

 Pelaksanaan Komsos membahas langkah strategi untuk menciptakan kondisi wilayah yang aman dan nyaman.

Untuk menjadikan kekuatan wilayah sebagai ruang, alat dan kondisi juang, guna kepentingan pertahanan keamanan Negara, maka Binter merupakan salah satu sarana usaha, pekerjaan, dan kegiatan yang dapat dilakukan oleh para Babinsa sebagaimana tujuan yang dimaksud dalam hubungan pengendalian potensi wilayah (Desa Binaan) yang meliputi segenap aspek di dalamnya.

Sedangkan Komsos adalah komunikasi sosial yang dilakukan sebagai metode atau suatu cara untuk memelihara serta meningkatkan keeratan hubungan dengan segenap komponen bangsa/masyarakat, guna terwujudnya saling pengertian dan kebersamaan untuk berpartisipasi pada kepentingan bidang pertahanan negara.

Oleh karenanya, salah satu bentuk upaya pencegahan terhadap potensi gangguan keamanan, Babinsa Sertu M. Makmun, melakukan Komsos dengan cara silaturrahmi mendatangi satu persatu rumah warga binaan.

Seperti berkunjung ke rumahnya Gemang Dusun Selong, Babinsa tersebut terus berupaya meningkatkan sinergitas dengan seluruh lapisan masyarakat untuk menciptakan keamanan dan kenyamanan dengan cara mengedukasi warga binaan agar senantiasa selalu menjaga hubungan keharmonisan dalam kehidupan bermasyarakat.

Dirinya pada kesempatan itu juga mengajak warga supaya patuh dan taat menjalankan aturan-aturan yang telah di tetapkan baik oleh pemerintah pusat, daerah, maupun aturan-aturan positif yang telah di sepakati bersama dan berlaku di desa setempat.

Upaya tersebut terus dilakukan Babinsa Sertu Makmun agar kemungkinan-kemungkinan timbulnya permasalahan di desa, tidak menjadi gangguan nyata. Ia sebagai Bintara Pembina Desa selalu aktif hadir di tengah-tengah warga binaan, mengabdi untuk bisa memberikan sumbangsih terhadap masysrakat, membantu mengatasi setiap permasalahan yang ada.

Komandan Kodim 1620/Loteng, Letkol Inf.  I Putu Tangkas Wiratawan, S. IP., menjelaskan Kemampuan Teritorial adalah kemampuan umum yang harus dimiliki oleh setiap individu Prajurit Kodim 1620/Loteng sebagai Aparat Komando Kewilayahan. Hal itu guna mendukung tugas para Babinsa dalam rangka pembinaan teritorial.

Dandim mengatakan Komsos Babinsa Sertu Makmun dalam rangka Binter tersebut diharapkan dapat terjalin sinergitas kemitraan antara TNI Kodim 1620/Loteng dengan segenap elemen masyarakat seperti Toga, Tomas, Todat maupun warga masyarakat sehingga dapat saling membantu untuk bersama-sama menjaga kondusifitas wilayah.

“Dengan terjalinnya hubungan kemitraan yang baik antara masyarakat dengan TNI melalui kegiatan Anjangsana (Silaturrahmi) itu, akan dapat memudahkan tugas tugas TNI dalam menjaga persatuan dan kesatuan Bangsa serta kedaulatan dan keutuhan wilayah NKRI," Pungkasnya. (Ap)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close