Breaking News

Suasana Ramadhan Buka Puasa Bersama Santri di "Ponpes Al Istiqomah" Dusun Kapu KLU, Mengaji Hingga Tarawih

 


Lombok Utara, (postkotantb.com) - Meski, secara kurikulum ponpes itu telah beradaptasi dengan perubahan zaman dengan menyediakan program tahfiz dan program bahasa asing selain adanya program kitab yang lebih dulu ada.

Ramadhan menjadi waktu yang ditunggu-tunggu seluruh umat Islam. Tidak terkecuali kalangan santriwan-santriwati di Pondok Pesantren (Ponpes) Al Isriqomah di Dusun Kapu Desa Samaguna, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Lombok Utara Kabupaten Lombok Utara.


Suasana sejuk telah terasa sejak para santri sudah mulai siap siap untuk buka bersama baik dengan sesama siswa/i maupun para orang tua wali murid yang datang setiap Jum'at sebagaimana sore ini.

Semua santri/i tertiba dan rapi mengantre mendapatkan segelas air teh dingin dan kurma untuk berbuka puasa.


Tidak ada seorang pun yang bersantai. Mereka kemudian mengambil air wudu. Ada yang shalat Maghrib berjamaah, baru kemudian menyantap nasi dan lauk yang telah disediakan.

Kegiatan santri tidak berhenti sampai di sana, serentetan agenda mengaji dan sekolah dijalani usai shalat Atshar.

Usai Sholat atshar, para santri bersih bersih halaman/menyiram serta berolah raga sepak bola dll.
Setidaknya dalam sehari terdapat tiga agenda kegiatan yakni setelah subuh, setelah ashar, dan setelah shalat tarawih.


Agenda-agenda tersebut dilalui para santri dengan riang gembira. Tidak sedikit pun raut wajah lesu, sedih, dan bosan, terlihat di wajah mereka.

"Rasanya enggak pernah terasa lelah, malahan senang karena bisa tau ilmu baru dan dilakukan bersama-sama dengan teman," kata beberapa santri saat berbincang bersama orang tua mereka yang datang menjenguk, salah satu santri putra Ponpes Darun Najah, Jum'at (15/4/2022).

Suasana sejuk dengan pemandangan alam dan pepohonan yang mengelilingi seputaran Pondok Pesantren Al Istiqomah Dusun Kapu membuat pikiran tenang dan hati senang yang terasa saat itu. Semoga para Santri/Santriwati diberi kesehatan dan diberkahi serta menjadi orang berguna untu Agama, Masyarakat dan bangsa ini, Amin. (@ng)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close