Breaking News

Gawe Gubuq di Desa Senaru Kecamatan Bayan Lombok Utara

 


Lombok Utara, (postkotantb.com) - Gawe Gubuk yang berlangsung di Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara, Rabu (22/6/22), serangkaian acara yang diawali dengan oleh gegerok tandak dan dihadiri lansung oleh bupati Lombok Utara H.Djohan Syamsu, SH.

Hadir juga pimpinan Unicef Indonesia Melen Kidane ,Ketua LPA NTB, H Sahan, SH dan OPD Terkait kabupaten Lombok Utara.

Kedatangan pimpinan Unicef Melen Kidane di disambut meriah di depan kantor desa Senaru, menampilan tarian gegerok tandak yang  merupakan tarian yang merupakan tarian tanpa alat musik atau sejenisnya.

Wajah kegembiraan terlihat pada Melen yang familiar saat disambut warga desa Senaru. "Mengaku senang meski baru pertama kali menginjakkan kaki di Desa Senaru dan dan terucap kalimat, Ingin kemabali lagi pada kesempatan lain".


Ucapan terima kasih yang tiada terhingga oleh Kades Senaru, Raden Akria Buana, atas pendampingan yang di lakukan oleh
LPA NTB-Unicef selama ini. Demikian halnya khusus kepada pemerintah daerah Bupati Djohan Syamsu, yang telah Aktip memberikan suport serta semangat moral BB kepada masyarakat Baya dan umumnya masyarakat Kabupaten Lombok Utara.

Tak ketinggalan kepada masyarakat desa Senaru yang selalu siap dengan segala dukungan dalam membangun desa Senaru dibawah kepemimpinan Raden Akria Buana.
Sejak dari penerbitan Perdes, pembentukan Forum Anak, PATBM dan lain sebagainya.


Sementara itu Raden Akria Buana menyebutkan hasil identifikasi kerentanan anak di desa Senaru mengakui masih tingginya kerentanan anak yang semula dinilai bukan persoalan. Berkat pendampingan LPA NTB berupa bantuan langsung tunai dan ketahanan pangan sebagian diarahkan kepada keluarga dengan anak rentan.
Total saat ini 264 kpm Bantuan Langsung Tunai Itu jugak berasal dari keluarga Rentan.

Sedangkan bantuan lain yang disalurkan melalui gawe gubuk berasal dari Dinsos Lombok Utara berupa Empat Unit kursi roda dan alat bantu dengar untuk disabilitas, bantuan makanan tambahan dari Dikes, serta sembako dari Baznas Lombok Utara untuk pelayan Adminduk Hadir pula Dukcapil dalam melakukan perekaman E-KTP dan Pembuatan Berkas Adminduk lainya.
Pemdes Senaru berkomitmen untuk tidak memberikan ruang kepada anak-anak yang masih berusia di bawah umur untuk melakukan pernikahan.

Apresiasi dari bupati Lombok Uatar H. Djohan Sjamsu dalam sambtannya.Salut atas kerja keras pemdes Senaru dengan berbagai cara yang sudah maupun sedang dilakukan melalui LPA serta senantiasa siap berkolaborasi karena pemerintah setempat pun memiliki arah yang sama dalam soal perlindungan anak.

Pada kesempatan yang sama, Djohan Syamsu menghimbau kepada seluruh kepala Desa serta perangkat Desa sekabupaten Lombok Utara, untuk tidak memberikan ruang akses atau melanyani pernikahan anak di bawah umur.

Diakhir acara Bupati Lombok Utara di depan para OPD dan undangan yang hadir pada acara Gawe Gubuq menyerahkan bantuan, kepada penerima manfaat sekaligus penyerahan KTP, KIA secara simbolis. (@ng)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close