Breaking News

Pilkades Puyung, Arifin Harits Resmi Daftarkan Diri Ramaikan Balon Kades

 


Loteng, (postkotantb.com) -  Pemilihan Kepala Desa di 15 desa di 9 Kecamatan di Lombok Tengah (Loteng), sudah resmi di buka sejak tanggal 12 dan selesai 21 Juni, termasuk di  Desa Puyung  Kecamatan Jonggat Loteng.

Di Desa Puyung Kecamatan Jonggat Loteng, Arifin Harits resmi mencalonkan diri sebagai Bakal Calon (Balon) Kepala Desa. Diiringi dengan lantunan sholawat badar, Arifin Harits bersama para tim perjuangan, Senin (20/6) Resmi mendaftarkan diri, sebagai balon kades.

Arifin Harits selaku Balon Kades Desa Puyung mengaku, terpercik nya niat ingin maju sebagai kepala Desa di Desa Puyung Kecamatan Jonggat Loteng, setelah banyaknya masukan dan dorongan baik dari tokoh pendidik, adat, agama, pemuda dan masyarakat, sehingga hal itu membuat dirinya berfikir untuk menyalurkan keinginan para tokoh dan masyarakat tersebut. Dan hari ini (Senin red), pihaknya bersama tim perjuangan mendatangi balai desa untuk mendaftar.

"Saya sebenarnya profesinya sebagai pendidik di lingkungan madrasah, dan itu sudah bertahun-tahun, dan tahun ini para tokoh dan masyarakat diminta untuk maju di pilkades di Desa Puyung, atas amanah dan dorongan beliau beliau, akhirnya hari ini saya bersama tim pemenangan, resmi mencalonkan diri," Katanya.

Dikarenakan dorongan dari para tokoh dan masyarakat, dalam melahirkan misi dan visi membangun Desa Puyung, juga lahir dari beliau beliau, sehingga misi visi tersebut terkumpul dan itu jadi amanah dan perjuangan yang harus dilaksanakan.

Adapun misi tersebut diantaranya Visi Terciptanya pemerintah Desa yang berdaya, berwibawa dan melayani. Sedangkan Misi membangkitkan, mendorong ide ide kreatif pembangunan melalui generasi muda melalui pengembangan pelatihan berbasis ekonomi. Meningkatkan, mengembangkan pelayanan desa ekonomi dan berbasis support usaha masyarakat, sistem yang berciri khas kearifan lokal

Selanjutnya membangun sinergi dengan lembaga lembaga pendidikan formal dan non formal sebagai upaya dan usaha pemerintah Desa dalam menegakkan pilar pilar pembangunan mental generasi  bangsa yang berpotensi memiliki skill dan berprestasi.

"Semua kisi dan misi, itu semua hasil kajian para tim pemenangan, yang disesuaikan dengan kebutuhan di Desa," Ujarnya.

Selanjutnya, nanti di tanggal 24 Agustus mendatang atau saat penghitungan suara, siapapun yang terpilih, tentunya dialah yang terbaik, dan jika pihaknya tidak terpilih, itu adalah jawaban Allah yang terbaik buat dirinya, sebab majunya sebagai Kades hanya untuk melaksanakan amanah dan permintaan dari para tokoh dan masyarakat.

Selanjutnya ketua pilkades Desa Puyung Basuki Bakhtiar mengaku, sampai detik ini, jumlah balon Kades yang sudah mendaftar, baru lima orang dan sesuai informasinya, sore ini juga ada yang daftar dan besok pagi atau hari terakhir pendaftaran tanggal 21 Juni, akan ada lagi satu balon.

"Yang sudah sah mendaftar sampai detik ini baru Lima balon, dan menyusun ada dua balon lagi," Katanya.

Selanjutnya, sesuai dengan perbup dari 7 balon, yang akan diambil sebanyak 5 balon. Mengingat jumlah balon diatas aturan yang akan diambil, ada beberapa kriteria atau persyaratan yang harus di penuhi oleh masing masing balon, diantaranya.

KTP, Ijazah, SKCK, tak pernah tersangkut kasus, bebas narkoba, sehat jasmani dan rohani, serta menyerahkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 1111 KTP.

"Syarat di atas adalah syarat wajib, jika ini ada yang tak bisa dipenuhi oleh balon, maka sudah di pastikan gugur dari pencalonannya," Jelasnya.

Selanjutnya kenapa masing-masing balon menyerahkan DPT sebanyak 1111 KTP, itu mengacu dari jumlah DPT se desa Puyung. Dimana jumlah DPT sebanyak 9223 sesuai DPT tahun 2019 silam, sehingga masing-masing balon harus menyerahkan DPT sebanyak 1111.

Selain persyaratan di atas lanjutnya ada juga beberapa persyaratan lain yang memiliki nilai, diantaranya balon Kades memiliki Pengalaman kerja di bidang pemerintahan, baik di dalam Desa ataupun diluar Desa dan beberapa syarat lainnya. "Persyaratan ini juga menentukan kelulusan pencalonan, bila semua balon sudah memenuhi kriteria dan nantinya akan ada penyeleksian lain dan masing masing ada nilai plus dan itu menentukan kelulusan pencalonannya juga," Terangnya.

Selanjutnya, untuk menghindari terjadinya gejolak atau hal hal yang tak diharapkan, pihaknya bersama anggota panitia lainnya, sudah bekerja sama dengan aparat kepolisian dan TNI, tokoh muda, karang taruna dan Forum Kepala Dusun (Kadus). "Semua upaya kita sudah lakukan, guna mensukseskan jalannya pilkades, InsyaAllah kami meyakini semua tahapan berjalan lancar sesuai yang diharapkan," Tutupnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Loteng Zaenal Mustaqim mengatakan, tahun ini ada 15 Desa di 9 Kecamatan se Loteng yang akan melaksanakan pilkades serentak tanggal 24 Agustus mendatang.

15 Desa tersebut masing-masing Desa Tanak Beak Kecamatan Batukliang Utara, Desa Selubung dan Desa Peresek Kecamatan Batukliang, Desa Muntung Terep Kecamatan Praya.

Selanjutnya, Desa Puyung Kecamatan Jonggat, Desa Pejanggjik Kecamatan Praya Tengah, Desa Selong Blanak Kecamatan Praya Barat. Desa Pandan Indah, Ranggagata, Teduh, Muntung Ajan, dan Desa Batujnagkih Kecamatan Praya Barat Daya.

Desa Kopang Rembiga Kecamatan Kopang, Desa Loang Maka Kecamatan Janapria. "Dari 15 desa yang tersebar di 9 Kecamatan ini, jumlah TPS sebanyak 381," Tutup Mustaqim (ap)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close