Breaking News

Dandim 1628/SB Dampingi Danrem 162/WB, Tinjau Lokasi Demplot Food Estate Minidi Talonang Sumbawa Barat

 


Sumbawa Barat, (postkotantb) - Danrem 162/ Wira Bhakti Brigjen TNI Sudarwo Aris Nurcahyo. S.Sos., M.M. bersama Ketua Persit KCK nyonya Asmeri Aris Nurcahyo dan didampingi Dandim 1628/Sumbawa Barat Letkol Inf Octavian Englana Partadimaja beserta ibu Meninjau Lokasi Demplot Food Estate Minidi Desa  Talonang Sumbawa Barat pada hari Senin (25/07/2022)

Bahwa kedatangan Danrem 162/Wira Bhakti ke kabupaten Sumbawa Barat dalam rangka kunjungan kerja dan bersilaturahmi kepada jajaran Kodim 1628/SB dan PT Aman Mineral Nusa Tenggara (AMNT), kemudian dilanjutkan meninjau lokasi kawasan hutan berbasis ketahanan pangan (Demplot Food Estate Mini) di desa Talonang kecamatan sekongkang.


Kepala Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Sejorong Mataiyang Syahril SH memaparkan,target dan capaian kegiatan pemanfaatan kawasan hutan berbasis ketahanan pangan (Deplot Food estate mini). Dan design rencana pemanfaatan lahan pada kawasan hutan berbasis ketahanan pangan.

” Target kegiatan dalam jangka pendek menetapkan design pemanfaatan lahan, menetapkan kesepakatan kerjasama secara Kolaboratif antara TNI, KPH dan kelompok Tani,penataan lokasi kegiatan dan pembagian peta lahan,Pembuatan sarana penunjang, Pembuatan demplot peta pengelolaan, Pembinaan dan penguatan kelembagaan kelompok,.” tutur Syahril


Lanjutnya,sementara target jangka panjang terlaksananya kegiatan pemanfaatan kawasan hutan berbasis ketahanan pangan, tersebarnya tanaman kayu/Non kayu pada seluruh lahan yang terbuka,terjadi penutupan lahan yang proposional,kembali nya fungsi kawasan hutan secara ekologi dan ekonomis, meningkatkan pendapatan negara.

Syahril menambahkan,jangka panjang yaitu kondisi lahan yang di harapkan setelah 5 tahun yang terbentuk lahan dengan pola dan ruang tanaman yang seimbang antara tanaman kehutanan dengan tanaman pertanian (Agroforestry).Adapun capaian produksi dan pendapat Negara pada tahun pertama mencapai 198 ton dengan Nilai total Rp 31.680.000.

Sambutan Camat Sekongkang Badarudin S.Sp mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada TNI khususnya Danrem 162/WB yang telah meluangkan waktu untuk datang dan hadir meninjau lokasi ketahan pangan di tempat kami di desa Talonang Kecamatan Sekongkang.” Kecamatan Sekongkang terdiri dari 7 desa,rata-rata masyarakat di desa Telonang adalah sebagian besar masyarakat atau daerah Transmigrasi.” ujarnya

Badarudin mengatakan,dengan adanya program ini sampai saat ini khusus masyarakat sampar baru cukup membantu perekonomian masyarakat dan harapan kami dengan adanya bapak Danrem 162/WB berkunjung bisa membawa masyarakat kami kearah yang lebih baik dan sukses terdiri warga sampar Baru.

Dalam sambutannya Danrem 162/WB Brigjen TNI Sudarwo Aris Nurcahyo. S.Sos., M.M.mengucapkan terimakasih atas sambutannya besok saya harus membuka kegiatan TMMD yang Ke-114 di Desa Senayan Kecamatan Poto Tano Kabupaten Sumbawa Barat. “Kegiatan ini merupakan kemitraan antara TNI -Polri dan Pemerintah Daerah yang memanfaatkan hutan Negara untuk meningkatkan ekonomi masyarakat untuk kesejahteraan masyarakat.” Kata Brigjen Sudarwo

Jendral Bintang Satu menegaskan,kita berupaya menanam jangan sampai kita merambah hutan, namun saya melihat lokasi ini belum ada yang merambah hutan, untuk menambah sayur-sayuran, namun masih bisa kita menanam dengan sistem tumpang sari,jangan mengandalkan satu jenis tanaman.

” Selain di tanami jagung, lahan tersebut bisa di tanami pohon pisang,pepaya dan pohon kayu seperti kelengkeng, apolkat, mangga dan lain- lain sesuai PH tanah tersebut ” jelasnya

Brigjen Sudarwo menyampikan,apabila ada kesulitan pupuk akan di diskusikan khusus dengan Kapolda NTB dan direktur utama nya,tugas Babinsa dan Bhabinkamtibmas untuk mendampingi masyarakat agar tidak ada mafia pupuk bermain.Kita selalu bergandengan tangan sebagai bentuk sinergitas TNI,Polri dan Pemda Daerah untuk memutus jaringan mafia pupuk tersebut.

” Apabila ada kesulitan air akan segera di kordinasikan dengan membuat sumur dalam, TNI akan membantu untuk berkoordinasi dengan PU Pemprov NTB dan instansi terkait.” tutupnya(Rozak)

Hadir dalam kegiatan tersebut
Danrem 162/WB Danrem 162/WB Brigjen TNI Sudarwo Aris Nurcahyo. S.Sos., M.M.,bersama Ketua Persit KCK nyonya Asmeri Aris Nurcahyo, Kasiter Korem 162/WB Letkol Czi I Gusti Putu Dwika, Dandim 1628/SB Letkol Inf Octavian Englana Partadimaja beserta ibu,Mayor inf Dahlan,S.Sos,Wakapolres Kompol Jamaluddin,S.Sos., Kapenrem 162/WB Mayor Inf Asef Okinawa, Dantim Intelrem,162/WB,S.Sos.PJS Pasi Inteldim 1628/SB Letda Inf Zulkifli, Danunit 1628/SB Letda Inf Saiful Danramil 1628-02/Sekongkang Lettu Inf Hanas. (red)



.

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close