Breaking News

Dari KKN Metode Tematik Mahasiswa Unram, Senaru Lestari Lingkungan Asri Jadi Fokus Utama

 


Lombok Utara, (postkotantb.com) -- Kuliah Kerja Nyata KKN Tematik dilakukan dengan metode tematik dengan berbagai tema yang dapat diterapkan ke masyarakat. Salah satu kelompok KKN Tematik Unram 2022 /2023 mengatensi permasalahan tata kelola lingkungan di Desa Senaru Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara.

Kegiatan KKN diawali dengan melakukan analisis dan observasi lapangan mengenai potensi Desa Senaru Kecamatan Bayan yang memiliki potensi untuk dibantu dalam pengembangannya. Mulai dari sektor ekonomi, pariwisata, kesehatan, sosial budaya, dan lingkungan. Mahasiswa KKN kelompok Unram memilih sektor lingkungan sebagai fokus utama dalam program kerja KKN kelompok mereka.


Program tersebut mengajak seluruh elemen masyarakat Desa Senaru, mulai dari staff Desa, Pemuda Karang Taruna, Tokoh Masyarakat, hingga Penggiat Lingkungan.

Mahasiswa KKN melakukan sosialisasi tentang pelestarian lingkungan, menjaga kebersihan, tidak membuang sampah sembarangan hingga penanaman 1.100 bibit  pohon kayu dan buah buahan.
Program tersebut terlaksana dengan baik serta mendapat antusiasme yang tinggi dari masyarakat Tambaksari. Mereka berharap program tersebut dapat memberikan kesan serta manfaat bagi masyarakat Desa Senaru dan juga menjadi pengalaman yang berharga bagi mahasiswa dalam proses pengabdian kepada masyarakat.

Mengatensi permasalahan tata kelola lingkungan di Desa Senaru Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara, Tim KKN Tematik  Unram 2022 /2023 bekerja sama dengan pemerintah Desa, Bumdes dan LHK (Lingkungan Hidup dan Kehutanan) serta Taman Nasional Gunung Rinjani TNGR melaksanakan kegiatan sosialisasi peduli lingkungan yang dilanjutkan dengan penanaman ratusan pohon.
Sosialisasi dan aksi penanan sebagai upaya  penyelamatan lingkungan dengan target mengembangkan Desa Senaru sebagai Desa Wisata Lestari dan pendidikan karakter dengan pendekatan-pendekatan kekeluargaan.


Ketua KKN, Riski Setiawan mengatakan, bahwa perihal turunnya Tim KKN Tematik Unram bertujuan untuk membangkitkan kembali kesadaran masyarakat akan pentingnya lingkungan yang srjuk srhat dan bersih.

“Kita akan tingkatkan kesadaran masyarakat terhadap lingkungan, agar dapat menarik atensi masyarakat lain dan akademisi untuk terlibat dalam satu kesadaran terhadap lingkungan bersih dan nyaman pasca KKN Tematik berakhir,”harapnya

Ditempat sama, Kepala Desa Senaru, Raden Akria Buana dalam penyampaiannya mengatakan, “Desa Senaru merupakan desa tujuan wisata dengan sarana penunjang berupa pondok pondok penginapan, restauran dan warung mpenduduk setempat, ketika mereka kurang memahami akan pentingnya tata kelola sampah, kemungkinan yang terjadi adalah pencemaran lingkungan. Demikian halnnya dengan penanaman berbagai jenis pohon kayu sebagai sebagai bagian dari pelestarian lingkungan yang memberikan kesejukan bagi kita semua, disamping menjaga alam dari bencana, kata Akria Buana.  

Ia memberikan arahan kepada KKN Tematik untuk penanaman pohon di gerbang desa senaru, sumber mata air , seputar halaman homestay rinjani dan sepanjang jalur wisata air terjun agar desa senaru terlihat hijau asri dan indah. (@ng)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close