Breaking News

Masjid Darul Istiqomah Lekok Kembali Dibangun, Telan Biaya Rp 3,5 Miliar Lebih

 


Lombok Utara, (postkotantb.com) - Masjid Darul Istiqomah Dusun Lekok kembali dibangun tahun ini. Sebelumnya, masjid yang berlokasi di Desa Gondang Kecamatan Gangga Kabupaten Lombok Utara ini rata dengan tanah akibat gempa bumi 7,0 SR yang melanda Pulau Lombok, 5 Agustus 2018 silam.

Salah satu kepala tukang pembangunan Masjid Darul Istiqomah, Fahrudin menjelaskan, selama empat tahun terakhir, warga muslim di Dusun Lekok dan tiga dusun lainnya hanya menggunakan bangunan masjid sementara. Mereka secara swadaya mengumpulkan dana untuk bisa membangun kembali masjid peninggalan leluhur mereka.


Masterplan Masjid Darul Istiqomah sendiri direncanakan dibangun dengan ukuran 25 x 35 persegi, dengan dua lantai dan tiga menara.

"Alhamdulillah, berkat semangat persatuan dan gotong royong warga empat dusun, Masjid Darul Istiqomah kembali dibangun. Hari ini pengerjaan sudah mencapai sekitar 48 persen," kata Fahrudin.

Menurut itungannya, anggaran yang sudah dihabiskan hingga saat ini sekitar Rp 1,5 miliar. Sedangkan rencana anggaran biaya (RAB) yang dibutuhkan mencapai Rp 3,5 miliar. Namun dengan semangat gotong royong, anggaran tersebut diyakini bisa dipangkas.


"Kita dapat mengurangi biaya tukang. Karena rata-rata di dusun kita cukup banyak tukangnya," kata pria yang juga warga Lekok itu.

Sementara itu, Panitia Bagian Konstruksi, Azudin ST menambahkan, bahan-bahan dalam proyek Masjid Darul ini menggunakan material kelas wahid. Sebab warga menginginkan bangunan masjid yang bagus, namun tahan dari bencana gempa.


"Semoga tidak ada kendala yang berarti agar warga dapat dengan nyaman melaksanakan ibadah, serta kegiatan beragama dan sosial lainnya," doanya. (@ng)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close