Breaking News

Matsama Tahun 2022 MAN 1 Loteng Selesai

 


Lombok Tengah, (postkotantb.com) - Masa Ta'aruf Siswa Madrasah (Matsama) Madrasah Aliyah Negeri (MAN) I Lombok Tengah (Loteng), yang beralamatkan di Tampar Ampar Kelurahan Jontlak Kecamatan Praya Tengah Loteng, selesai digelar.

Matsama untuk siswa baru tersebut digelar selama tiga hari, mulai dari hari Senin sampai Rabu lalu.

Kepala MAN 1 Loteng Lalu Syahdi menjelaskan, setiap tahun ajaran baru, atau di setiap penerimaan siswa baru, terlebih dahulu siswa harus mengikuti kegiatan matsama.

Dimana dalam program matsama MAN 1 Loteng, ini merupakan salah satu program, yang harus diikuti oleh siswa baru, dalam matsama ini, siswa di berikan banyak materi, termasuk siswa diberikan pengenalan tentang lingkungan sekolah dan yang lainnya.

"Dalam Matsama, diikuti oleh 350 siswa dari jumlah pendaftar 764 orang," cetusnya, Kamis (14/7).

Dalam program Matsama, pihaknya membagi jadi dia, pertama dinamakan pra Matsama dan Matsama, Pra Matsama dilakukan selama tiga hari, yang materinya fokus kepada  pengenalan Tata Tatib (Tatib) madrasah, selanjutnya memperkenalkan jenis jenis fasilitas yang dimiliki MAN 1 Loteng, dan menjemput karakter siswa lebih biak, dengan cara menggalakkan solat berjamaah dan baca Al Qur'an.

Selanjutnya dalam program Matsama, materi pertama atau di hari pertama, siswa diberikan materi persentasi tentang keunggulan dan prospek lulusan, selanjutnya tentang praktek dan model pembelajaran di madrasah dan yang terakhir memperkenalkan program atau kegiatan organisasi kesiswaan.

Di hari ke dua lanjutnya dengan materi tentang Ukhuwah Islamiyah artinya sebuah keniscayaan, Ukhuwah Wathaniyah yang artinya, persaudaraan seluruh lapisan masyarakat Islam sekaligus landasan persaudaraan kebangsaan dan Ukhuwah Basyariyah yang artinya persaudaraan kemanusiaan.

Dan di hari terakhir, siswa diberikan Pendalaman tentang pengamalan pancasila dalam pembentukan karakter dan norma norma hidup dalam keseharian.

Lalu Syahdi menambahkan, dilihat dari indeks peningkatan siswa yang mendaftarkan diri ke MAN 1 Loteng setiap tahunnya selalu mengalami peningkatan. Dimana tahun 2020 jumlah siswa yang mendaftar sebanyak 520, tahun 2021 672 dan tahun ini 764 siswa. (Ap)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close