Breaking News

Hadiri Festival Peresean, Begini Tanggapan Kabinda NTB

Festival Peresean

Lobar (postkotantb.com)-Dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 77, Laskar Sasak  menggelar Festival Seni Tradisional Peresean.

Bertemakan "Puspawarna Adat Budaya Sasak", kegiatan tersebut menghadirkan para Pepadu dari berbagai paguyuban peresean yang ada Pulau Lombok.

Bertempat di pantai Duduk 3 Kec. Batulayar, Kabupaten Lombok Barat (Lobar), kegiatan tersebut disambut sangat antusias oleh masyarakat setempat.

Tidak hanya masyarakat lokal, terlihat juga wisatawan mancanegara yang turut menyaksikan festival yang akan berlangsung dari tanggal 19 sampai 23 Agustus. Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Badan Intelijen Daerah (Kabinda) NTB, Wara Winaya S Sos MSI.

Dalam sambutannya, Kabinda NTB, Wara Winaya, S. Sos., MSI., mengungkapkan, kegiatan peresean yang merupakan budaya masyarakat suku Sasak. Ia pun menilai bahwa festival peresean ini  merupakan tradisi dalam melestarikan budaya Sasak. Budaya yang sudah ada, sejak abad ke-13.

"Luar biasa lama, tetapi tetap dilestarikan. Saya berharap kegiatan ini menjadi sesuatu yang positif, sesuatu yang memupuk patriotisme dan nasionalisme di Indonesia khususnya di NTB," ungkap Wara Winaya, Minggu, (21/8/2022).

Dalam kesempatan tersebut, Kabinda NTB juga menyampaikan terima kasih kepada panitia yang sudah memberikan kesempatan kepadanya untuk menonton dan menyaksikan secara langsung kegiatan peresehan.

Sementara itu, Pembina Laskar Sasak, Ir. Lalu Imam Hambali, mengatakan, event Peresean ini tidak hanya sekedar untuk melestarikan budaya sasak.

"Keberanian, kebiasaan mental yang sangat berani juga telah menjadi bagian dalam perjuangan kemerdekaan. Jadi harus tetap dilestarikan hingga terhadap anak cucu. Selamat bertanding dan jangan ada dendam junjung tinggi sportifitas," tutupnya.(RIN)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close