Breaking News

Kukuhkan Tim Andalan Kebersihan, Bupati Prioritaskan Tiga Point

 


Lombok Timur, (postkotantb.com) - Bupati Lombok Timur, HM Sukiman Azmy mengukuhkan 50 orang Tim Andalan Kebersihan Kota Selong, Selasa (2/8). Tim Andalan Kebersihan ini nantinya bertugas melakukan penyisiran sampah dari pagi sampai sore. Selain itu, tugas lainnya menjaga tempat-tempat sampah yang rawan agar masyarakat tidak membuang sampah.

Tim ini sendiri dibagi menjadi dua, pertama berjumlah 40 orang yang bertugas sebagai penyapu jalan mulai dari pukul 4.30 sampai dengan 7.00 pagi dan dilanjutkan pada pukul 16.00 wita. Sementara 10 orang lainnya membantu atau sebagai anak buah kendaraan pengangkut sampah.

Bupati dalam sambutannya menekankan lima point penting yang harus diwujudkan Tim Andalan Kebersihan tersebut. Kelima point tersebut yakni kebersihan, keindahan, keasrian, kehijauan, dan kenyamanan.

Bupati memberikan penegasan lagi pada tiga hal. Pertama, Bupati tidak berharap menemukan sampah di sepanjang jalan. Artinya, kebersihan kota itu benar-benar terjaga dengan baik. Kedua adalah keindahan. Disebutnya, indah itu dapat diperoleh jika semua ruas jalan dapat dihijaukan dengan tanaman. Ia memerintahkan Kadis Lingkungan Hidup dan Kebersihan (LHK) untuk menghijaukan jalan depan masjid At-Taqwa Pancor sampai dengan perempatan jalan Diponegoro.

“Belum ada tanaman di sekitar tempat itu karena hanya ditumbuhi rumput liar dan semak,” ungkapnya.

Ia menilai jika semua tempat sudah bersih namun tidak ditanam pohon, maka kota ini tidak akan menjadi indah.

Keasrian adalah penekanan berikutnya. Bupati mengingatkan agar membuat kota Selong jadi lebih asri dan indah. Asri itu kata mantan Perwira TNI-AD itu bisa tercapai jika keindahan dan kebersihan itu bisa dipelihara dengan baik sepanjang waktu.

“Tugas Tim Andalan ini menjadikan kota ini bersih,” pesannya.

Lebih lanjut, Bupati mengingatkan supaya para penyapu tidak mengumpulkan sampah di parit atau saluran air tertutup. Ia tidak ingin melihat lubang-lubang parit penuh tumpukan sampah yang akan menimbulkan masalah lain di kemudian hari.

Bupati berharap tim andalan kebersihan mampu menjawab keinginan masyarakat untuk mendapatkan kota yang bersih, indah dan asri.

“Selamat bertugas dan sukses. Insya Allah, Allah akan terus membimbing tugas kita selama kita dekat dengan Allah SWT,” tutupnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Lotim, H Muhammad Hasbi Santoso berharap sinergi dari seluruh pihak agar kota Selong yang bersih, indah, asri dan nyaman dapat terwujud.

Pengukuhan yang bertempat di kantor DLHK itu ditandai pemasangan topi Tim Andalan Kebersihan Kota oleh Bupati Sukiman Azmy. (Mul).

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close