Breaking News

Berikan Pelayanan Prima dan Tepat Sasaran,Kapus Teratak BKU Bentuk Pramusada

 



H.Safwan Kepala Puskesmas  Teratak Kecamatan Batu Kliang Utara (BKU) Lomboj Tengah


Lombok Tengah, (postkotantb.com)- Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Teratak Desa Teratak Kecamatan Batukliang Utara (BKU) Lombok Tengah (Loteng), terus berbenah.

Pembenahan tersebut dilakukan, guna memberikan pelayanan memuaskan kepada para pengunjung,terutama bagi pasien.

Salah satu cara membentuk Petugas Pelayanan Pertama (Pramusada).

Kepala Puskesmas Teratak Kecamatan Batukliang Utara Loteng H Safwan menjelaskan, Pramusada atau yang lebih tepat adalah petugas penyambut tamu, pasien dan masyarakat yang ingin menjenguk atau datang ke Puskesmas.

Dimana pramusada ini di tempatkan di pintu masuk pertama, mereka bertugas mengantarkan siapapun yang datang. Jika tujuannya ke lantai dua, maka petugas di pintu masuk akan mengantarkan tamu tersebut sampai di lantai atas dan disana ada petugas kedua yang akan mengantarkannya sampai ke tujuannya.

"Pramusada sebanyak dua orang, terdiri dari laki dan wanita, mereka bertugas sebagai pelayan pertama dan mereka ini kita sengaja berikan baju khusus seperti baju adat budaya kita," Katanya Senin (26/9)

Selanjutnya ada petugas Skrining visual pengembangan dari pramusada. Artinya Petugas skrining visual bertugas memberikan penilaian atau keperluan yang datang terutama pasien, mulai dari keluhannya, selanjutnya baru petugas tersebut mengarahkan kemana di bawa. Misalnya pasien tbc di bawa ke ruang poliklinik TBC.

Sebab dalam teorinya tak boleh pasien mengidap penyakit tbc bersama dengan pasien lain, sebab penyakit ini cepat menular.

Untuk petugas skrining visual lanjutnya,ada sekitar 30 orang, dan mereka semua sudah diberikan pelatihan khusus. Dan petugas skrining visual ini, terdiri dari dari perawat dan bidan.

"Dari 30 orang ini, alhamdulillah semua sudah dilatih sesuai dengan tugas dan fungsinya," katanya.

Ia menambahkan,melahirkan beberapa program, itu semua bertujuan untuk menjadikan Puskesmas ini lebih baik. Sebab targetnya dalam jangka satu tahun,Puskesmas Teratak harus mampu beradaptasi dengan puskesmas lain yang sudah maju serta mengupayakan pelayanan terbaik, demi kepuasan masyarakat.

"Apapun yang kita lakukan jika kita niatkan sebagai ibadah, insyaallah dapat pahala," tandasnya. (Ap)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close