Breaking News

Mengenal Lebih Dekat Kepala Kankemenag Loteng Yang Baru

 

Kenyang Pengalaman, Lahir Dari Kalangan Pendidik, Optimis Bawa Perubahan Bagi Kankemenag

Kemajuan Pendidikan di bawah Kankemenag di Loteng, dalam beberapa kurun terakhir kian melejit. Menyikapi kemajuan itu, Kanwil Kankemenag NTB, menempatkan kepala yang Notabene nya seorang pendidik, berpengalaman dan dinilai mampu bawa perubahan di tubuh Kankemenag Loteng

SAPARUDDIN

LOMBOK TENGAH


TEPAT, Catatan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi NTB, saat acara Rahman Rahim Day menyebutkan, prestasi yang diukir santri madrasah di Lombok Tengah, kian melejit. Keberhasilan Kementerian Agama Lombok Tengah, ternyata jadi atensi dan Catatan khusus kepala kantor Wilayah Kementerian Agama NTB.

Dalam mutasi yang telah dilakukan Jum'at lalu, kanwil Kankemenag NTB, menempatkan pejabat baru sebagai kepala Kankemenag, yang bigronnya seorang pendidik dan berpengalaman.

Seperti H. Jaelani Ibrahim MPd, lahir dari kalangan Tuan Guru sekaligus pendiri Ponpes Islahuddiny Kediri Lombok Barat

Di ruang kerjanya, Selasa (7/9) Kepala Kankemenag mengatakan, sebagai abdi negara yang harus tunduk pada aturan yang sudah ditetapkan dan tunduk pada atasan. Tempat tugas adalah suatu hal yang biasa, sebab sesuai dengan janji dan sumpah, siap ditugaskan di manapun di wilayah NKRI.

Oleh karena itu, di manapun ditugaskan harus diterima sebab melaksanakan perintah atasan dan aturan, itu bagian dari ibadah. "Di Manapun ditegaskan kita siap, apalagi ini di Loteng yang dekat dengan tempat tinggal termasuk Loteng sedang booming, saya sangat bersyukur ditempatkan sebagai abdi negara dan masyarakat, ditempat ini," Katanya.

Selain itu, tentunya kepala Kanwil Kankemang NTB, pasti ada catatan khusus sehingga ditempatkan di Kankemenag Loteng. Apalagi pak kanwil sendiri di salah satu media sempat ia baca, kalau prestasi santri di Loteng kian maju.

"Saya lupa di media mana dulu pernah baca statment pak kanwil, kalau prestasi di Loteng semakin maju," Ungkapnya.

Selain itu lanjutnya alumnus Universitas Negeri Surabaya ini, selama menjabat sebagai Kabag TU Kanwil, semua pergerakan dan kemajuan kankamenag se NTB, sudah ia catat, termasuk di Loteng, prestasi santrinya semakin maju.

 "Saya kan sebelumnya menjabat jadi Kabag TU Kanwil, jadi semua pergerakan di masing-masing Kankemenag se NTB, kita tahu, termasuk di Loteng alhamdulillah prestasi santrinya semakin maju," Terangnya.

Mempertahankan prestasi tersebut, tentunya ini jadi pekerjaan yang harus ia lakukan, minimal dipertahankan dan insyaallah akan ditingkatkan.

"Dengan pengalaman dan pendidikan yang sudah ia tempuh, insyaallah kami punya planning bagaimana caranya memajukan tempat bertugas," Tegasnya.


Menuju ke arah itu tambah alumnus MTs Islahuddiny tahun 83 ini, saat ini pihaknya terfokus melakukan penyesuaian apa yang perlu dilakukan, satu persatu pihaknya akan dalami dan selanjutnya itu akan dikembangkan, sesuai dengan kebutuhan.

 "Satu persatu kasi sudah kita panggil dan menanyakan kondisi saat ini, insyaallah dalam dua minggu terakhir ini, serapan di masing-masing kasi, tinggal kita laksana," Janjinya.

Mantan kankamenag Lombok Barat ini menambahkan, secara khusus, Loteng dikenal dengan kemajuan di bidang pariwisata, sebagai lembaga yang berlabel kan agama, tentunya keberadaan Kankemenag harus jadi garda terdepan dalam mencetak generasi yang agamis. Artinya pihaknya tidak menginginkan budaya budaya yang dibawa oleh para wisatawan asing, menggerus generasi penerus.

Dengan penanaman nilai nilai agama lebih kental, insyaallah budaya budaya yang tidak sesuai dengan ajaran agama, paling tidak mampu dibendung melalui pendidikan keagamaan.

Bukan hanya itu saja, Kankemenag memiliki Penyuluh agama di masing masing desa, yang siap membumikan nilai keagamaan di tengah masyarakat, termasuk juga keberadaan Ponpes dan para tuan guru, jadi akar kuat membimbing masyarakat.

Adapun kurikulum vote Kepala Kankemenag Loteng, Pendidikan  SDN 1 Kediri tahun 80, MTs Islahuddiny 83, SMAN Mataram 86, D3 Unram 89,IKIP Mataram 90. Unesa 2003- 2006. Diangkat sebagai ASN tahun 1993 sebagai pendidik di MTsN I Model Mataram, Kepala MTsN Kuripan 2003, Kasi mapendaisum dan pendidikan agama Islam pada sekolah umum negeri. 2005,  kasi PD Pontren 2007, kasi perbekalan akomodasi haji 2007 2009, Kasi KBIH 2011, Kasi penmad, 2011, Kabid pakis 2017 Kabag TU Kanwil dam saat ini sebagai kepala Kankemenag Loteng (**).

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close