Breaking News

Sekda Amar Nurmansyah Turun Monev Pasien Pasca Operasi, Implementasi Program Rapi Care RSUD Asy Syifa'.

 


Sumbawa Barat, (postkotantb.com) - Program Rapi Care (Patient Integrated Care) merupakan salah satu program inovasi Rumah Sakit Umum Daerah Asy-Syifa’ Sumbawa Barat dalam meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat di Kabupaten Sumbawa Barat.

Salah satu yang menjadi kegiatan penting dari Program Rapi Care adalah monitoring dan evaluasi kondisi dan kebutuhan pasien pasca perawatan di Rumah Sakit

Pada kesempatan kali ini, dr. Carlof selaku Direktur RSUD Asy-Syifa' Sumbawa Barat bersama manajemen melakukan monitoring dan evaluasi kondisi dan kebutuhan pasien atas nama HBK warga Desa Seteluk Tengah Kecamatan Seteluk Kabupaten Sumbawa Barat, dimana pada tanggal 21 September 2022 telah menjalani operasi Hernia bersama tim medis yang dipimpin oleh dr. I. Dewa A.S.G. Nugraha, Sp.B., (Dokter Spesialis Bedah) di RSUD Asy-Syifa’.


Penyakit hernia terjadi ketika organ atau jaringan lemak mendorong otot atau dinding jaringan yang lemah di sekitarnya. Hernia ingunialis terjadi ketika bagian dari organ di dalam rongga perut mendorong selaput yang melapisi rongga perut atau otot dinding perut yang lemah, akibatnya kondisi ini akan membentuk benjolan atau pembengkakan di pangkal paha, bahkan dapat menyebabkan sebagian skrotum (kantong testis) membesar.

Operasi hernia memang menjadi jalan satu-satunya untuk menyembuhkan penyakit hernia. Tindakan ini umumnya direkomendasikan saat penyakit hernia atau turun berok yang diderita pasien tidak kunjung membaik, bertambah parah atau sudah menimbulkan komplikasi yang berbahaya.

Operasi hernia terbuka terbilang aman, tapi kemungkinan terjadinya komplikasi tetap ada. Tindakan ini terkadang bisa menimbulkan komplikasi, seperti infeksi, gumpalan darah, nyeri kronis atau kerusakan saraf di rongga perut atau sekitar kantung zakar.

Meski demikian, jika prosedur operasi dilakukan dengan benar dan perawatan pasca operasi berjalan dengan baik, risiko terjadinya komplikasi tergolong kecil.

Operasi yang dipimpin oleh dr. I. Dewa A. S. G. Nugraha, Sp. B (Dokter Spesialis Bedah) Alhamdulillah telah berjalan dengan lancar dan bapak HBK menyampaikan saat ini terus dalam proses penyembuhan dengan kontrol yang teratur dan luka bekas operasi sudah tidak nyeri lagi serta menyampaikan terima kasih atas pelayanan yang diberikan selama beliau dirawat di RSUD Asy-Syifa'.

Teristimewa hari ini, rombongan dipimpin oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sumbawa Barat selaku Dewan Pengawas Rumah Sakit untuk memastikan pasien benar terlayani dengan baik.

Turut pula hadir dalam kunjungan dimaksud Kepala Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) Kabupaten Sumbawa Barat untuk melihat implementasi dari Program Inovasi Rapi Care RSUD Asy-Syifa', dimana program inovasi Rapi Care meraih Juara 1 Inovasi Daerah Tahun 2021.

Bapak Sekda berharap kepada Direktur RSUD Asy-Syifa' beserta jajarannya agar terus memberikan inovasi-inovasi baru dan terus meningkatkan pelayanan kesehatan yang semakin baik dan prima kepada masyarakat. (HS)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close