Breaking News

Hujan Lebat Menyebabkan Beberapa Dusun di Wilayah Praya Tengah Dilanda Banjir

 


Lombok Tengah, (postkotantb.com) - Curah hujan yang tinggi menyebabkan sejumlah Dusun di beberapa Desa pada wilayah Kecamatan Praya Tengah, Kabupaten Lombok Tengah mengalami Banjir pada Selasa (25/10/2022).

Berdasarkan data yang masuk di Polsek Praya Tengah, banjir terjadi di beberapa wilayah yaitu Dusun Nunggal I Desa Dakung, Dusun Tongkek Desa Batunyala, Dusun Lelong I Desa Persiapan Lelong dan Dusun Sorong Desa Pengadang.


Kapolres Lombok Tengah AKBP Irfan Nurmansyah, SIK, MM melalui Kapolsek Praya Tengah Iptu Agus Priyatno, SH menyampaikan berdasarkan hasil pantauan dilokasi ada beberapa penyebab banjir

Untuk Dusun Nunggal I Desa Dakung banjir disebabkan oleh air yang berasal dari sawah sekitar pemukiman, dimana air tersebut merupakan air kiriman dari wilayah utara, yang sebelumnya terjadi hujan lebat sehingga menyebabkan genangan air pada sawah meluap dan masuk kedalam rumah warga yang posisi pondasi lebih rendah dari area persawahan sehingga sebanyak 22 rumah terendam banjir setinggi mata kaki orang dewasa.


Untuk DusunTongkek Desa Batunyala,banjir terjadi akibat luapan air sungai Tongkek yang diakibatkan banyak sampah serta pepohonan yang tumbang sehingga aliran air tidak berjalan maksimal menyebabkan air masuk ke 7 rumah warga dan 1 sarana Pendidikan (Paud) serta gabah milik warga sejumlah ± 7 ton terendam.

Untuk Dusun Lelong I Desa Persiapan Lelong, Kecamatan Praya Tengah terdapat 1 unit Kandang hewan ternak milik warga yang roboh dan terseret oleh air.


Dan untuk Dusun Sorong Desa Pengadang terdapat 8 unit rumah  terendam oleh luapan air sungai membuat persawahan warga serta sebuah kolam ikan lele meluap hanyut terbawa air.

Kapolsek Praya Tengah beserta anggota dibantu aparatur Desa dan masyarakat mengevakuasi barang barang warga,yang terdampak banjir serta membantu membersihkan aliran air yang tersumbat, Untuk sementara tidak terdapat korban jiwa hanya kerugian materil. (Rin)

           

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close