Breaking News

Tradisi Maulid Adat Desa Kelungkung, Penanaman 1000 Bibit Pohon Hingga Arak-arakan Hasil Bumi

 



Arak-arakan hasil bumi bagian dari acara Maulid Adat Desa Kelungkung Kabupaten Sumbawa, Sabtu pagi (29/10/2022). Foto GJI NTB


Sumbawa Besar, (postkotantb.com) - Acara Maulid Adat Desa Kelungkung, Kecamatan Batulanteh, Kabupaten Sumbawa berjalan unik dan meriah.

Dimulai dengan berdoa bersama di masjid, dilanjuti dengan arak-arakan sandra (dipanggul empat orang) dan baku (keranjang dibawa satu orang). Sandra dan baku sendiri berisi hasil bumi, buah-buahan, serta makanan yang disuguhkan kepada para tamu undangan.


Camat Batulanteh, Adiman S.Stp mewakili Forkopimda Kabupaten Sumbawa mengatakan, acara Maulid Adat di Desa Kelungkung kali ini sangat berbeda dari biasanya. Selain dihadiri Gubernur NTB dalam rangka penanaman 1000 bibit pohon dalam rangka HUT Pemuda Pancasila ke-63, agenda kali ini juga dihadiri ribuan pengurus Pemuda Pancasila se-NTB, Ketua DPRD Kabupaten beserta sejumlah anggota, serta sejumlah pejabat Pemprov NTB dan Kabupaten Sumbawa.


"Ini pertama kali rangkaian Maulid Adat dirangkai dengan penanaman pohon di desa kita. Ini bentuk kita semua, khususnya MPW Pemuda Pancasila NTB Peduli terhadap lingkungan," katanya bangga.

Sementara Kepala Desa Kelungkung, M Saleh Mastar mengaku bangga dengan kehadiran rombongan MPW Pemuda Pancasila NTB, beserta semua MPC se-NTB di Desa Kelungkung.

"Masyarakat sangat bangga karena Pak Gubernur Hadir di Desa kami. Terlebih ribuan rombongan pengurus Pemuda Pancasila se-NTB, dalam rangka penanaman 1000 bibit pohon serta Maulid Adat di desa kami," ujarnya.


Dijelaskan, Maulid Adat Desa Kelungkung ini menjadi tradisi sejak nenek moyang. Namun untuk arak-arakan Sandra dan Baku baru kali ini digelar. Sehingga hal ini menjadi daya tarik tersendiri dan rasa bangga bagi masyarakat setempat.

"Ini ke depan arak-arakan ini akan menjadi tradisi, dan Desa Kelungkung akan kita jadikan Desa Adat di Kabupaten Sumbawa," ujarnya.


Rasa haru juga dirasakan masyarakat setempat. Salah satunya yang diungkapkan Ibu Kabatia, warga Dusun Kelungkung. Kata dia baru kali ini peringatan Maulid Adat di desanya dirayakan sangat meriah.

"Ini perdana Pak Gubernur hadir di acara Maulid Adat di desa kami. Apalagi sangat banyak anggota Pemuda Pancasila tutut serta dalam acara kami," katanya bangga. (GJI-NTB)


0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close