Breaking News

Permudah Wisatawan, Pemkab Lotim Gandeng Universitas Gunadarma Kembangkan Aplikasi Mobile

 


Lombok Timur, (postkotantb.com) - Jika Anda hendak memesan homestay untuk holiday melalui aplikasi di smartphone? Atau Anda mau disambut dengan senyum ramah?

Ya, aplikasi mobile tersebut memang sedang dikembangkan oleh Universitas Gunadarma, Jakarta yang bekerjasama dengan Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Lombok Timur (Lotim) serta Dinas Pariwisata (Dispar) Lotim.

Selain ragam kemudahan tadi, melalui aplikasi di smartphone itu nantinya, wisatawan bisa mendapatkan kenyamanan dan kemudahan saat mengisi liburan bersama keluarga. Cukup dengan menekan fitur, lampu kamar akan langsung menyala. Begitu juga segala fasilitas seperti pintu kamar mandi, air dari keran, menyalakan televisi, dan semua fasilitas di dalam kamar bisa dikendalikan melalui aplikasi tersebut. Begitu juga dengan privasi Anda sangat terjaga dan aman.

"Ikhtiar tersebut sedang kita coba kembangkan ke depan,’’ kata Ketua BPPD Lotim, Muhammad Nursandi, Jumat (28/10).

Untuk hal tersebut lanjut Sandi sapaannya, tim ahli dari Universitas Gunadarma (UG), salah satu universitas ternama yang mengembangkan teknologi informasi di Indonesia, saat ini sedang ada di Lotim.

"Kami kerja sama dengan Dirjen Dikti untuk program ini di Desa Loyok,’’ sambung Dr. Edy Prihantoro, M.Ikom, M.Msi, salah satu pengajar teknologi komunikasi UG yang memimpin pelatihan pengembangan pariwisata cerdas berbasis teknologi di desa wisata. Beberapa pelaku wisata mengikuti program pelatihan tersebut di Kantor BPP Lotim, Kamis (27/10).

Selain menggagas destinasi wisata berbasis teknologi smartphone, UG juga juga sekaligus menunjukkan karyanya di Praja Coffee and Bungalows, salah satu homestay di Desa Loyok, Lombok Timur.

"Fasilitas di homestay menjadi lebih gampang pengoperasiannya, lebih efisien, dan tamu yang menginap betul-betul dimanjakan,’’ kata Moh. Isnaini, pengelola bungalows itu.

‘’Mulai dari memesan kamar, beraktivitas di dalam kamar, hingga chek out, semuanya menggunakan teknologi smart phone,’’ kata Isnaini.

Dia meyakinkan tidak ada penambahan biaya sewa kamar untuk pelayanan dimaksud.

Sementara Kepala Dispar Lotim, Iswan Rakhmadi mengapresiasi pihak UG Jakarta yang memilih desa wisata Lotim sebagai tempat pelaksanaan program tersebut.

‘’Kita tentu saja ingin agar seluruh homestay dan destinasi wisata di Lotim akan berbasis teknologi smart phone tersebut,’’ katanya.

Sementara untuk tingkat NTB, Iswan melihat program desa wisata cerdas berbasis teknologi tersebut menjadi yang pertama kali di NTB.

Kemudian Bupati Lotim, HM Sukiman Azmy dijadwalkan melaunching program destinasi wisata berbasis teknologi bersama UG Jakarta tersebut yang dipusatkan di Praja Coffee and Bungalows, Sabtu (29/10). Dijadwalkan, Rektor UG Jakarta, Prof. Dr. ES Margianti bersama sejumlah pejabat UG akan hadir dalam acara tersebut. (Rin)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close