Breaking News

Unit Satwa Polda NTB Buka Program Outing Class Untuk Anak Paud/TK

 


Mataram, (postkotantb.com) -   Kepolisian Daerah NTB membuka kegiatan Outing Class untuk anak-anak Sekolah Paud/TK, seperti hari ini kegiatan dilaksanakan untuk anak-anak Paud/TK Islam Salsabila Yayasan Rusdah Aisyah dengan memperkenalkan tugas dan kecakapan masing-masing Satwa yang dimiliki Unit Satwa Ditsamapta Polda NTB seperti Satwa Anjing Pelacak dan Kuda.

Kasubnit Harvet IPDA I Made Triana menjelaskan Unit Satwa Polda NTB memiliki  3 ekor Satwa K-9 dan 3 Satwa Turangga.
"Kami sangat senang ketika menerima kunjungan ini dan berharap kegiatan ini dapat memberikan pengetahuan kepada siswa-siswa TK Islam Salsabila tentang Tupoksi Unit Polsatwa" ujar IPDA I Made Triana, (13/10/22)



Dijelaskannya, fungsi anjing pelacak sesuai kecakapan masing-masing seperti ahli dalam  memburu pelaku kejahatan, mencari dan menemukan BB narkoba, penghalau massa, bahan peledak dan lainnya sedangkan fungsi kuda sebagai penghalau massa, patroli di lokasi-lokasi yg tidak bisa dijangkau kendaraan.

Untuk melihat secara langsung bagaimana kedua hewan tersebut bekerja, Personel Unit Polsatwa Ditsamapta Polda NTB mempraktekkan Tupoksi Unit Polsatwa, dimulai dari kemampuan ketaatan/kepatuhan Satwa K-9 dengan memberikan perintah kepada Satwa K-9 duduk, berguling, berdiri serta pelacakan Narkotika, pelacakan bahan peledak (Handak) dan Satwa Turangga. Selain itu, anak-anak TK diajak untuk menunggang kuda, ungkap Triana.

Kegiatan touring yang dilakukan oleh Paud/TK Salsabila Yayasan Islam Rusdah Aisyah ke Polda NTB ini merupakan program outing class dari sekolah ucap Nur Sari selaku Guru Paud/TK Islam Salsabila Yayasan Rusdah Aisyah mengungkapkan alasan mereka memilih Polda NTB karena ketertarikan anak-anak dengan profesi polisi.

Nur Sari mengatakan "Alasan kami membawa anak-anak TK ke kepolisian untuk mengetahui gambaran mengenai profesi polisi. Selain itu, alasan kami membawa anak-anak ke kantor polisi karena anak-anak mengidolakan polisi, banyak diantara mereka ketika ditanya cita-citanya apa, pasti ingin jadi polisi", jelas Nur Sari.

Disamping itu, Nur Sari juga mengatakan bahwa ini adalah kesempatan yang baik untuk anak-anak TK belajar sambil berekreasi. Kegiatan ini bisa menjadi pengalaman anak-anak untuk melihat secara langsung pelajaran mereka dalam bentuk praktik lapangan. Anak-anak ini berekreasi ke tempat sesuai dengan tema pelajaran mereka.


Selain itu, Mimik salah satu wali murid mengatakan, "Saya sebagai orang tua sangat setuju dan senang sekali dengan program ini dari segi keamanan tentunya kami percaya karena tempatnya di kepolisian insya Allah aman. Di kegiatan ini juga anak-anak bisa belajar sambil melihat langsung dan anak anak sangat senang", ungkapnya.

Selain itu Mimik mengaku senang dengan kegiatan ini dan berharap bahwa nanti akan ada lagi kegiatan seperti ini.

Diinformasikan untuk sekolah yg mau belajar langsung dan diperkenalkan tentang unit Satwa Polda NTB agar bersurat ke Direktorat Samapta Polda NTB.(rin)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close