Breaking News

Wabup Lombok Utara Buka Seminar Nasional Bank Sampah

 


Lombok Utara, (postkotantb.com) - Wakil Bupati Lombok Utara, Danny Karter Febrianto R ST M.Eng membuka Seminar Nasional dengan tema "Peran Bank Sampah Dalam Menghadapi Perubahan Iklim" bertempat di Aula kantor Bupati, Jumat (28/10).

Hadir juga Kadis LH KLU Drs. Rusdianto M.Si, para aktivis lingkungan, para Pelajar, serta stekhololder lainnya.

Dirut Bank Sampah Persada Lotara Abdul Aziz melaporkan dengan perubahan iklim terjadi sejak revolusi industri yang disebabkan oleh aktivitas manusia khususnya kegiatan memproduksi emisi yang disebut gas rumah kaca Indonesia sangat rentan terhadap dampak perubahan iklim.


"Tentu sebagai negara kepulauan dan kegiatan ekonomi masyarakat yang bertumpu pada sumber daya alam aksi perubahan iklim hal ini sebagai suatu target pencapaian pembangunan menjadi isu global," tuturnya.

Dia menuturkan, bank sampah Persada Utara menyelenggarakan seminar dengan bertemakan peran bank sampah dalam menghadapi perubahan iklim. Seminar dilakukan sebagai bentuk kolaborasi antara pemerintah dengan masyarakat dalam pengelolaan sampah.


"Harapan kami dengan seminar ini para peserta mampu menerapkan materi-materi yang akan disampaikan oleh narasumber," harapnya.

Sementara itu, Wabup Danny menyampaikan dengan seminar ini bisa memberikan gambaran bagaimana kita sama-sama harus menjadi pejuang dari perubahan iklim. Sehingga dampak dari perubahan iklim terus kita rasakan hingga sekarang.

"Harapan kita perlunya adanya regulasi atau kebijakan-kebijakan yang dapat memastikan generasi yang akan datang dapat merasakan udara yang sama seperti saat sekarang," harapnya.


Selain itu lanjut Wabup, konsen terhadap lingkungan perlu diperhatikan karena permasalahan sampah tentu tidak bisa dihindarkan, karena setiap manusia pasti memproduksi sampah setiap harinya.

Artinya kata Wabup, sampah yang kita hasilkan setiap hari bisa kita kurangi tentu kesadaran untuk menjaga kelestarian alam dan lingkungan dengan cara mengontrol sampah yang ada di Kabupaten Lombok Utara mulai dari lingkungan terkecil yang kemudian bagaimana sampai bisa dikelola dengan baik.

"Para pejuang lingkungan memiliki dampak luar biasa dalam menghadapi perubahan iklim global,"ujarnya.

"Apresiasi pada seluruh pengurus Persada yang telah mengadakan Seminar Nasional dan dapat memberikan dampak positif yang baik bagi daerah ini," ucapnya.

Untuk diketahui, seminar Nasional kali ini dengan Narasumber Analisis Kebijakan Direktorat Pengurangan Sampah Kementerian LHK RI, Fazri Futrantomo S.Pi, M.Si dan Kepala UPTD TPA Sampah Ragional Dinas LHK Provinsi NTB, Radyus Ramli Hindarman ST,M.Eng. (@ng)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close