Breaking News

NTB Jadi Provinsi Pertama Pencapaian 3 Pilar STBM

Dok. DISKOMINFOTIK NTB/RIN.

Mataram (postkotantb.com)-Rangkaian Kegiatan Verifikasi STBM Pilar 1-3 di Provinsi NTB memasuki hari terakhir.  Difokuskan pada Penyerahan Berita Acara Hasil Verifikasi Oleh Tim Verifikator Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Pusat yang diterima langsung oleh  Sekretaris Daerah Provinsi NTB Drs.H.Lalu Gita Ariadi, M.Si di Ruang Rapat Sekda Jum'at (11/11/2022).

TIM melaporkan hasil verifikasinya bahwa secara garis besar NTB merupakan daerah yang telah menerapkan perilaku hidup sehat sesuai fakta dilapangan.

Dalam pertemuan tersebut, disampaikan bahwa Provinsi NTB menjadi Provinsi Pertama di Indonesia yang lulus Pilar 1-3 STBM setelah melalui proses verifikasi oleh TIM yang terdiri dari 14 orang dari lintas Kementerian (Kemenkes, PUPR, BKKBN, Satwapres, Kemendes, UNICEF, Kemendagri dan Bangda).

Ada bebrapa hal baik yang diperoleh TIM di lapangan untuk dijadikan contoh bagi provinsi lainnya antara lain seperti Posyandu, Penurunan stunting, Ketahanan Pangan dan hampir di semua titik tersedia air bersih, sabun untuk mencuci tangan dan memang sudah menjadi kebiasaan sehari hari.

Meski demikian Pemerintah Daerah akan terus berupaya meningkatkan prestasi ini melalui konsolidasi dengan semua pihak.

Untuk selanjutnya, rencana Gubernur NTB akan diundang oleh Menteri Kesehatan RI untuk menerima penghargaan sebagai Provinsi pertama di Indonesia dengan pencapaian 3 pilar STBM pada kegiatan STBM Award tanggal 23 November di Jakarta mendatang. (DISKOMINFOTIK NTB/RIN)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close