Breaking News

Warga Tegal Maja KLU Gelar Puja Bakti Mayu-Ayu Pebuan Dangupati, Begini Tujuannya..

 


Lombok Utara, (postkotantb.com) - Warga umat Buddha di Sumur Lokok Petungdusun Desa Tegal Maja, Kecamatan Tanjung Kabupaten Lombok Utara menggelar Puja Bakti Mayu-Ayu Pebuan Dangupati, Rabu (30/11/2022). Agenda ini merupakan satu kegiatan umum yang dilakukan oleh sebagai sarana untuk memberikan penghormatan yang tertinggi kepada Tiratana, Buddha, Dhamma, Saṅgha.

Panitia Pelaksana, Surdianto menjelaskan, Puja Bakti Mayu-Ayu Pebuan Dangupati merupakan acara penting dalam agama Buddha. Acara ini merupakan bakti kepada praktik spiritual Buddhis menginspirasi bakti kepada Tiga Permata, yaitu Buddha, Dhamma atau Dharma, dan Sangha.


"Banyak umat Buddha memanfaatkan ritual dalam praktek aspirasi spiritual mereka. Dengan mengikuti Puja Bakti Mayu-Ayu Pebuan Dangupati di Vihara secara teratur, seseorang akan memperoleh beberapa manfaat seperti meningkatkan dan memperkuat Saddha (keyakinan) kepada Tiratana yakni Buddha, Dhamma, Saṅgha," jelasnya.

Surdianto selaku Ketua Lembaga Adat Dusun Tuban Desa Tegal Maja menambahkan, dengan meniru pembacaan paritta, seseorang akan menumbuh-kembangkan pengertian dan pandangan benar. Karena di dalam paritta, mengandung kata-kata kebenaran, ajaran Sang Buddha.


"Menghindari perbuatan tidak bajik dengan menjalankan Pancasila Buddhis, sehingga menjauhkan seseorang dari akibat kamma buruk. Selanjutnya mengembangkan konsentrasi dan perhatian penuh ketika melakukan meditasi bersama. Dan terakhir menambah pengetahuan dhamma, pandangan benar dan juga kebijaksanaan ketika mendengarkan ceramah Dhamma," papar Sudianto.

Senada dengan Ketua Adat Orong Empak Panasan, Kartadi memaparkan, Puja Bakti Mayu-Ayu Pebuan Dangupati adalah sebagai upaya mengembangkan dan meningkatkan keyakinan kepada Buddha Dharma.


Pembimas Buddha Provinsi NTB, Arya Satawira menyampaikan, Puja Bakti Mayu-Ayu Pebuan Dangupati ini rutin dilakukan untuk mengembangkan dan meningkatkan keyakinan (saddha) kepada ajaran Buddha.

“Untuk mengembangkan dan meningkatkan keyakinan (saddha) kepada ajaran Buddha," tuturnya.

Arya Satawira juga menyampaikan puja bakti hari ini juga mendoakan untuk saudara kita dampak korban bencana gempa bumi di Cianjur dan untuk kita semua serta mahluk di dalamnya.

Pelaksanaan Puja Bakti Mayu-Ayu Pebuan Dangupati sendiri, selain diikuti oleh ratusan umat Budha dan para tokoh umat Buddha, turut hadir Kepala Desa Tegal Maja, Bobi Rahman, Drs Rusdianto, Pembimas Buddha Provinsi NTB, Arya Satawira, anggota DPRD Provinsi NTB, Sudirsah Sujanto, dan sejumlah tokoh adat di Desa Tegalmaja. (@ng)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close