Breaking News

Acara Serah Terima TPS3R di Dusun Lekok Desa Gondang, Ini Pesan Bupati KLU

 


Lombok Utara, (postkotantb.com) - Serah terima TPS3R ini selain dihadiri oleh Kepala Dinas Lingkungan Hisup (DLH) Drs Rusdianto, M.SI, bersama Kabid Persampahan, Dewa Purwa dan bersama senumlah stafnya, Sekda KLU, Anding Dwi Cahyadi,S.STP, Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan,Pertanian dan Perikanan DKP3,Raden Adi Darma Wangsa S.pt, Camat Gangga dan Camat Bayan beserta staf, Kapolsek Gangga bersama angota, Kepala Desa Gondang, empat orang Kepala dusun Lekok dan senumlah kader lingkungan kecamatan Kayangan dan Gangga turut hadir menyaksikan serah terima TPS3R di dusun lekok utara ini.


Dalam rangka mensukseskan Program Kabupaten Lombok Utara Bebas Sampah Tahun 2025.

TPS3R adalah Tempat Pengelolaan Sampah Reuse, Reduce, dan Recycle (mengurangi menggunakan daur ulang) lalu Pendekatan pengelolaan 3R mulai dari menjemput sampah dari tiap rumah, pemilah sampah, pengelolaan sampah organik yang akan dijadikan kompos.

Pesan Bupati Lombok Utara agar pasilitas TPS3R dapat dimanfaatkan secara maksimal, dipelihara dan dikelola secara bersama sama dalam rangkan mempercepat penanganan sampah di KLU serta memanfaatkan limbah sebagai bahan organic yang bernilai rupiah.


Selain itu prosuksi organik bisa si manfaatkan sensiri baik oleh petani maupun rumah tangga dalam memanfaatkan pekarangan sebai lahan tabulapot dan sebagainya, tutur H Djohan Syamsu di depan para undangan.
Jum'at (30/12/22).

Senada dengan Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Drs. Rusdianto,M. SI, menambahkan, "dengan adanya serah terima ini, DLH berharap agar TPS3R yang sudah dibangun agar dipelihara dan dimanfaatkan sebagaimana mestinya.

Hal ini agar masyarakat menjadi paham bahwa tata kelola persampahan sangatlah penting terutama bagaimana cara mengurangi sampah dari sumbernya dengan memilah dan mengolah sampah organik dan non organik.


Dengan demikian tidak ada lagi masyarakat yang membuang sampah sembarang sehingga bisa mengakibatkan lingkungan sekitar menjadi kotor dan kumuh.
Hal ini juga dapat mengakibatkan terjadinya bencana banjir yang disebabkan oleh sampah yang menyumbat saluran air.

Serah terima ditandai dengan pemotongan Pita oleh Bupati Lombok Utara disaksikan oleh segenap para undangan yang hadir. (@ng)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close