Breaking News

Amar Nurmansyah Buka Musorkablub KONI Ke-4 Kabupaten Sumbawa Barat.

 


Sumbawa Barat, (postkotantb.com) – Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat menggelar Musyawarah Olahraga Kabupaten Luar Biasa (Musorkablub) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Sumbawa Barat yang dilaksanakan di Ruang Rapat Kedai Sawah, Komplek KTC Kecamatan Taliwang, pada sabtu (24/12/2022).

Musorkablub tersebut dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sumbawa Barat Amar Nurmansyah, ST., M.Si serta didampingi oleh Plt. Ketua Umum KONI Kabupaten Sumbawa Barat Andi Laweng, SH., MH. dan perwakilan KONI Provinsi Nusa Tenggara Barat Ir. Agus Hakim.

Pada kesempatan tersebut Sekda Amar Nurmansyah memberikan apresiasi atas dilaksanakannya musorkablub, karena melalui pelaksanaan musorkablub ke-4 ini seyogyanya untuk memberikan kepastian langkah dalam pengelolaan olahraga di kabupaten sumbawa barat.

Amar Nurmansyah tidak lupa memberikan apresiasi kepada kepada semua pengurus cabang-cabang olahraga yang telah berkomitmen membesarkan olahraga di kabupaten sumbawa barat, karena semua pengurus cabang olahraga lah yang sebenarnya menjadi ujung tombak dalam mengangkat prestasi olahraga itu sendiri, baik prestasi pada tingkat  kabupaten, provinsi dan maupaun pada tingkat nasional.

“Menjadi pengurus olahraga di kabupaten ini memang membutuhkan tantangan tersendiri, karena banyak sekali kesulitan dan kendala, baik kendala dalam peningkatan prestasi maupun kendala di dalam pengelolaan organisasinya.

Kadang kala kendala dalam capaian prestasi disebabkan karena tidak profesional dalam mengelola organisasi atau dengan kata lain pengelolaan organisasi di pegang oleh yang bukan ahlinya untuk mengelola organisasi olahraga tsb, karena menurutnya mengelola organisasi olahraga sangat berbeda dengan mengelola organisasi pemerintah”. ungkap Amar Nurmansyah.

“Seyogyanya mengelola organisasi olahraga pada hakikatnya adalah mengelolah ekspektasi  ekspektasi atau dalam artian lainya adalah mengelolah keinginan - keinginan untuk berprestasi dan mengelolah keinginan untuk berprestasi bukanlah hal yang sekejap namun membutuhkan tahapan – tahapan untuk meraih prestasi itu sendiri”. Tegasnya.


Amar Nurmansyah juga menyinggung semenjak kepengurusan KONI sebelumnya sejauh ini pemerintah daerah telah berusaha memberikan dukungan sebagaimana yang diharapkan, namun pada sisi yang lain amar berharap dibarengi juga dengan laporan pertanggungjawaban yang jelas serta dapat segera diselesaikan.

“Semoga pada kepengurusan sebelumnya dapat dijadikan pembelajaran dan menjadi wilayah perbaikan kepada pengurus yang akan datang karena seingat saya bahwa dari laporan BPK masih ada laporan pertanggung jawaban yang belum tuntas”.

Pada kesempatan ini pula Amar Nurmasnyah menyampaikan terkait kepastian pelaksanaan Proprop NTB Ke-X yang akan dilaksanakan pada 19 Februari 2023 mendatang serta kesiapan anggaran untuk menunjang pelaksanaan Pelatda dan Porprop NTB Tahun 2023



“Pemerintah Daerah Kabupaten Sumbawa Barat telah mengalokasikan Anggaran Tahun 2023 sebesar Rp 3,5 Milyar dan bantuan dari Pihak PT. AMNT sebesar Rp 1 Milyar untuk pelaksanaan pelatda dan persiapan Porprop, karena menjadi kewajiban pemerintah daerah untuk memenuhi dan mendukung pada sisi pembiayaannya”. Tutup Amar.


Sementara itu Ketua Umum KONI Provinsi Nusa Tenggara Barat melalui Ketua Bidang Pembinaan Dan Organisasi Ir. Agus Hakim mengharapkan bahwa pelaksanaan Musorkablub KONI ke-4 Kabupaten Sumbawa Barat Tahun 2022 memang didasarkan pada kekosongan Ketua Umum.

“Kami mengharapkan penyelenggaraan Musorkablub ini dapat digunakan sebagai sarana untuk melakukan evaluasi kinerja selama periode kepengurusan yang telah berakhir serta dapat berjalan lancar dan baik.” harap Ir. Agus Hakim.

Selain itu Ir. Agus Hakim menyinggung terhadap kepengurusan KONI KSB sebelumnya yang belum seumur jagung, disampaikan belum pernah dilakukan proses pelantikan dan pengukuhan, bahkan Agus Hakim tidak menampik bahwa banyak cabang olahraga baik di NTB maupun di Indonesia belum memiliki legal formal untuk bertidak dan atas nama cabang olahraga itu sendiri.

“Organisasi Induk olahraga maupun cabang olahraga wajib memahami bahwa sesungguhnya yang membuat legal adalah pengukuhan dan pelantikan, sama halnya dengan jabatan kepala dinas jika belum dilantik dan dikukuhkan maka tidak dapat bertindak atas nama kepala dinas itu sendiri. Merujuk kepada regulasi keolahragaan yang terbaru bahwa semua cabang olahraga harus berbadan hukum.” Tegas Ir. Agus Hakim.

Pada kesempatan yang sama dijelaskan juga bahwa KONI Nusa Tenggara Barat akan melaksanakan Pekan Olahraga Provinsi yang akan dilaksanakan pada bulan februari tahun 2023

“Musorkablub ini diharapkan berjalan lancar, aman dan tertib dan mudah-mudahan dalam musyawarah ini dapat memilih pimpinan yang baik sehingga kedepannya tentu tugas-tugas KONI bisa menjadi lebih baik. Namun, saya tekankan kembali bahwa jenjang waktu dari bulan Desember sampai dengan ke bulan Februari ini waktunya sangatlah sedikit untuk mempersiapkan semuanya,” pungkas Agus hakim.

Adapun nama calon yang telah mendaftarkan diri ke panitia sebagai bakal calon Ketua umm KONI Kabupaten Sumbawa Barat periode 2022-2026 yakni Andi Laweng, SH., MH. sebagai calon ketua umum tunggal yang diusung oleh 27 Cabor dari 28 cabor resmi yang bernaung dibawah KONI Kabupaten Sumbawa Barat, sehingga oleh unsur pimpinan sidang disepakati memilih Andi Laweng, SH., MH. Sebagai Ketua Umum KONI Kabupaten Sumbawa Barat secara Aklamasi.

Turut hadir pada Musorkablub tersebut, Kapolres Sumbawa Barat yang Kasat Binmas, Dandim 1628 Sumbawa Barat yang Pasiter, Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata yang diwakili. (HS)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close