Breaking News

Expose SMK 2022 Banjir Apresiasi

Dok. RIN/TIM.

Produk SMK Dipastikan Lahir dengan Tampilan Baru


Mataram (postkotantb.com)- Terselenggara selama tiga hari, Event Perdana Ekpose SMK 2022 yang dipusatkan di Lombok Epicentrum Mall (LEM) berakhir dengan kesuksesan yang biasa. Hal tersebut tidak terlepas dari sinergitas dan kolaborasi SMK se Provinsi NTB.

"Kami memberikan banyak apresiasi. Karena melalui event ini, program 9 strategi Gemilang Karya itu, telah memberikan hasil yang cukup baik," ucap Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) NTB, H. Aidy Furqon, melalui Kepala Bidang SMK, Muh. Khaerul Ikhwan, saat menutup secara resmi Expose SMK 2022, di LEM, Sabtu (10/12/2022) malam.

Selain itu, berbagai macam produk SMK yang ditampilkan, turut menjadi bagian yang tidak terpisahkan. Hal ini pun yang menjadikan NTB sebagai incaran para pelaku industri dari luar daerah. Seperti Maspion IT dan Axioo Indonesia.

"Bapak Direktur (Maspion IT, red) sampai mengatakan, telah dimulai suatu karya baru SMK di luar Pulau Jawa, yang menyuguhkan prestasi yang membanggakan. Cukup kaget beliau kemarin menyaksikan perkembangan SMK kita, dengan jumlah, lebih dari 1000 produk," imbuh Ikhwan.

Itupun baru sekitar 30 persen dari total jumlah produk SMK se NTB. Karenanya, Dikbud menargetkan, seluruh produk SMK bisa tampil di event tahun depan. "Tahun depan seluruh produk SMK harus bisa tampil untuk dipamerkan ke masyarakat;" ujarnya.

Kendati demikian, kata Ikhwan, terdapat beberapa catatan penting yang harus diperhatikan. Antara lain, SMK diminta untuk membenahi tampilan dan kemasan. Sebab 2023 mendatang, NTB akan menjadi pusat kemitraan antara SMK dan Pelaku UMKM.

"Nanti akan dihadiri empat kementerian. Asbab itulah, kami mengajak seluruh SMK untuk segera melakukan beberapa perbaikan, demi mempersiapkan diri dengan baik. Kami dari dinas, juga memiliki catatan untuk tahun 2023. Insa Allah ke depan, produk-produk SMK di NTB akan muncul dengan tampilan dan semangat baru," jelasnya.




KERJA SAMA INDUSTRI




Di hari terakhir Event Expose SMK 2022, dipenuhi berbagai macam kegiatan. Salah satunya Penandatangan Perjanjian Kerja Sama (PKS) puluhan SMK Negeri dan Swasta, dengan Perusahaan Maspion IT dan Axioo Indonesia. Ketua Panitia Expose SMK 2022, H. Ruju Rahmat Mengungkapkan, kerja sama tersebut mencakup berbagai macam bidang.

"Itu berlaku untuk semua jurusan. Maspion IT punya 185 perusahaan berbagai bidang. Kalau untuk Axioo Indonesia, lebih bagusnya lagi dari jurusan Elektro atau IT," beber pria yang juga menjabat Kepala SMKN 3 Mataram (SMEKTI) ini.

Di sisi lain, dalam rangkaian Event Expose SMK 2022, pihaknya juga mengadakan beberapa kegiatan. Salah satunya, Pelatihan and Regional Competition Robotic, yang dipusatkan di ruangan lantai 2 SMEKTI, sebagai ajang pengenalan industri dan teknologi, terhadap siswa SMP dan SMK.

Tidak menutup kemungkinan, pemenang dari kegiatan workshop ke depannya akan diarahkan untuk kerja sama dengan industri. "Mungkin awalnya mereka akan magang dulu, kemudian rekruitmen sebagai karyawan," jelasnya.

Senada disampaikan Direktur Maspion IT, Okky Tri Utomo. Dia menegaskan, melalui kerja sama dengan SMK di NTB, Maspion IT  siap dijadikan tempat pelatihan dan pembelajaran bagi SMK di provinsi tersebut. Selanjutnya, Maspion IT siap bersinergi dalam rangka pengembangan mitra bisnis, melalui program Sekolah Pencetak Wirausaha.

"Jadi kami siap untuk program Pengembangan Industri dan Teaching Factory. Bagaimana produk yang diproduksi SMK di NTB mengikuti standar industri. Seperti proses perizinan. Khusus untuk produk makanan harus diuji kelayakan. Supaya layak dikonsumsi masyarakat dan tentu saja bersaing dengan produk industri lainnya," tutupnya.(RIN)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close