Breaking News

Pemda Lombok Utara Raih Penghargaan IGA Tahun 2022

 


Jakarta, (postkotantb.com) - Pemerintah Kabupaten Lombok Utara menerima penghargaan sebagai Daerah Tertinggal Terinovatif dalam ajang Innovative Government Award (IGA) 2022 yang diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Penghargaan  diterima oleh Bupati Lombok Utara H.Djohan Sjamsu,SH yang diserahkan oleh Menpan RB Abdullah Azwar Anas didampingi oleh Menteri Dalam Negeri Jenderal Polisi (Purn.) Prof. Drs. H.Muhammad Tito Karnavian, M.A., Ph.D. bertempat di Ruang Sasana Bhakti Praja Gedung C lantai 3 Gedung Kemendagri Jakarta Jumat (23/12/2022).


Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sukses menghelat Innovative Government Award (IGA) 2022 dimana ada tujuh provinsi terinovatif, 12 kabupaten terinovatif, 12 kota terinovatif, 5 daerah perbatasan terinovatif, dan 4 daerah tertinggal yang terinovatif.

Menteri Dalam Negeri M. Tito Karnavian menegaskan pesan penting dan mendasar pada seluruh kepala daerah di Indonesia dari tingkat provinsi hingga kabupaten/kota agar terpacu untuk bangkit ikut membangun wilayah yang dipimpin.

Tito pun mengingatkan kepada seluruh yang hadir pada momentum tersebut khususnya unsur-unsur yang terlibat dalam suksesnya kegiatan IGA 2022, agar tak hanya menampilkan para penampil terbaik, wilayah-wilayah dengan Kepala daerah yang terbaik, melainkan juga yang memiliki performa rendah bahkan tidak bisa dinilai.Tujuannya ialah untuk memberikan efek kejut dan lekas bangkit mengejar kemajuan wilayahnya seperti daerah lainnya.


“Supaya tidak menjalankan tugasnya hanya bekerja biasa-biasa saja, tidak banyak membangun, jadi ajang ini harus memacu untuk bangkit, khususnya yang performance-nya rendah,” tegasnya.

IGA 2022 dalam penjuriannya melibatkan sejumlah pihak baik dari dalam dan luar Kemendagri, agar hasilnya obyektif. Tim juri berasal dari Kemendagri, Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan reformasi Birokrasi (Kemenpan dan RB), Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Lembaga Administrasi Negara (LAN RI), Badan Perencanaan pembangunan Nasional (Bappenas), Universitas Indonesia, Kemitraan Partnership, Sehingga ada kebanggaan dari penerima anugerah IGA 2022 sebagai penilaian yang obyektif.

Kabupaten Lombok Utara telah menerima penghargaan sebagai kabupaten daerah tertinggal Terinovatif, dan dari hasil penilaian indeks inovasi daerah (IID) tahun 2022 skor yang diraih telah meningkat dari 31,26 (2021) menjadi 51,56 (2022).


Dalam pada itu Bupati Lombok Utara menyampaikan rasa syukur dan terima kasih  kepada Kemendagri atas penilaian dan penghargaan IGA ini, diharapkan dapat mendorong dan memotivasi pemerintah daerah, untuk terus melakukan inovasi daerah dalam meningkatkan layanan publik, tata kelola pemerintahan, dan pembangunan di daerah.

"Harapannya ke depan, ajang Anugerah IGA 2022 bukan hanya ritual seremonial, melainkan sebuah momentum pelecut semangat untuk bangkit dan membangun daerahnya. Sehingga Indonesia secara keseluruhan maju bersama menjadi betul-betul Indonesia Maju,"ujarnya.

Hadir dalam acara tersebut sejumlah Kepala Daerah yang mewakili penerima penghargaan IGA 2022, serta jajaran Pimpinan di Direktorat Jenderal di lingkungan Kemendagri, juga para undangan dari kementerian lembaga yang menjadi juri dalam ajang IGA 2022. (@ng)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close