Breaking News

Jadi Terbaik Kedua di Kabupaten Sumbawa, BUMDes Sabedo Gelar Penyampaian Laporan Pertanggungjawaban

 


Suasana rapat yang dihadiri Kadis DPMD Kabupaten Sumbawa, Rahman Ansori, M.Si, Kabid DPMD Kabupaten Sumbawa, Hj Silviana, SE, Team Konsultan Pendamping BUMDes Kabupaten Sumbawa, Syarif Mustaan, ST, Camat Utan, Syahruddin, S.Sos, Kades Sabedo, Arifin,.ST


Sumbawa Besar, (postkotantb.com) - Pemdes Sabedo Kecamatan Utan, Kabupaten Sumbawa menggelar Rapat Penyampaian Laporan Pertanggungjawaban Manager Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Sabedo, di aula kantor desa setempat, Jumat (6/01/2023).

Rapat ini dihadiri Kadis DPMD Kabupaten Sumbawa, Ansori, M.Si, Kabid DPMD Kabupaten Sumbawa, Haja Silviana, SE, Team Konsultan Pendamping BUMDes Kabupaten Sumbawa, Syarif Mustaan, ST, Camat Utan, Syahruddin, S.Sos, Kades Sabedo, Arifin, ST beserta staf Desa Sabedo, Manager BUMDes Sabedo dan Anggota BUMDes.

Kabid Pengembangan Ekonomi dan Keuangan Desa, Haja Silviana menjelaskan bahwa BUMDes Sabedo merupakan BUMDes terbaik kedua di Kabupaten Sumbawa.


"Alhamdulillah tahun 2022 ini ada peningkatan deviden dari tahun sebelumnya. Bahkan tahun inu akan ada juga dibangun Depot Air Minum," ujarnya.

Diakui Haja Silviana, hingga saat ini baru dus BUMDes yang sudah melakukan pelaporan keuangan. Padahal di Kabupaten Sumbawa, terdapat 100 lebih BUMDes yang sudah terbentuk.

Sementara Tim Konsultan Pendamping BUMDes Kabupaten Sumbawa, Syarif Mustaan memaparkan, bahwa BUMDes Sabedo sudah bisa menyejahterakan masyarakat sekitar. Salah satunya dengan program simpan pinjam yang selama ini berjalan lancar.

"Awalnya masyarakat kebiasaan pinjam uang rentenir. Tapi sekarang tidak. BUMDes ini juga bisa bantu mengembangkan infrastruktur desa," katanya bangga.

Modal BumDes Sabedo Rp.2.297 Milyar.. Laba tahun 2023 sebesar  591 juta. PADES meluk Deviden Rp.130 juta... Dana Penambahan Unit Usaha Baru (air Kemasan) sebesar Rp.98 juta dari BumDes dan rencana 100 juta dari ADD LDD TA 2023

Sedang Kades Sabedo sekaligus Penasihat BUMDes Sabedo, Arifin mengatakan, pada tahun 2022 terdapat penyertaan modal sebesar Rp 2,2 miliar untuk BUMDes. Dari modal tersebut, BUMDes mendapat keuntungan Rp 651 juta serta deviden sebesar Rp 130 juta.


"Rencana ADD tahun 2023 ini akan dibantu Rp 130 juta, berupa bangunan dan Depot Air Minum dan air kemasan untuk pengembangan usaha selain simpan pinjam," katanya.

Manager BUMDes Sabedo, Agus Widodo berjanji dengan penambahan modal nantinya, dirinya dan anggota akan lebih bekerja keras lagi. Sehingga keuntungan BUMDes Sabedo bisa lebih meningkat lagi di tahun 2023. (Red)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close