Breaking News

KJLT Siap Berkontribusi Majukan Pendidikan Lombok Tengah Melalui Diklat Jurnalistik...

 


Lombok Tengah, (postkotantb.com) - Komunitas Jurnalis Lombok Tengah (KJLT) Launching Diklat Jurnalistik tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) Se-Kabupaten Lombok Tengah di Aula SMPN 2 Praya, Kamis (19/01/2023).

Ketua KJLT, H. Adi Supriadi dalam sambutannya menjelaskan kegiatan Diklat tersebut tercetus mengingat dengan perkembangan tekhnologi banyak mading-mading sekolah yang kosong karena minat membaca dan menulis meredup.

"Mading-mading sekolah rata-rata kosong, sangat perlu dibakar kembali semangat kemauan membaca dan menulis agar tumbuh lagi," terang H. Adi.


Didik Supriadi Ketua Panitia Diklat mengatakan, launching Diklat Jurnalistik oleh KJLT awal tahun 2023 ini adalah giat restart. Lanjutan dari Diklat Jurnalistik di Lombok Tengah yang pernah diadakan sebelumnya di MAN 1 Praya tahun 2022 lalu.

" Kami selaku panitia mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu sehingga Diklat ini resmi terselenggara," ungkapnya.

Didik mamaparkan, Diklat bertujuan cetak generasi muda Lombok Tengah yang kuat, tangguh dan kompeten. Ikut menyongsong pembangunan di era digitalisasi, di zaman yang semakin kompleks dan nyaris arusnya tak terbendung.

Diharapkan, agar kerjasama ini kedepannya bisa terjalin sustainable atau berkelanjutan dengan semua pihak yang relevan dengan kegiatan dan eksistensi insan Jurnalis di Kabupaten Lombok Tengah.

Dijelaskannya, perlu diketahui KJLT lahir  tahun 2004 atau sekitar 18 tahun silam. Termasuk sebagai pilar Demokrasi ke-4 Setelah Eksekutif Legislatif dan Yudikatif. KJLT telah banyak mendapatkan pengalaman baik suka duka, serta dinamika positif dalam turut andil membangun Kabupaten Lombok Tengah dengan cara menulis.ulas Didik.


" Oleh karena itu, mohon izin dan perkenankan kami berbuat yang terbaik untuk ikut berpartisipasi bangun generasi muda Lombok Tengah yang cerdas, bermartabat, dan berintegritas menuju kemajuan pendidikan Lombok tengah yang bersatu jaya," cita-citanya.

Ketua Komisi IV DPRD Lombok Tengah Lalu Sunting Mentas dalam sambutannya mengucap selamat atas terselenggaranya Diklat tersebut yang di inisiasi oleh KJLT.

Menurutnya, Diklat Jurnalis bagi siswa SLTP ini sangat baik dengan harapan siswa /wi nantinya akan mampu berkreasi dalam bentuk tulisan untuk membangun kreatifitas masing-masing.
Dia juga menekankan agar anak – anak terus secara tekun memperhatikan materi Diklat ini nantinya.

” Kami dari Komisi IV pastinya sangat mendukung, karena ini sangat bermanfaat bagi anak-kita, selain itu kami juga mendorong adanya follow up dari Diklat ini bagi anak-anak kita secara berkelanjutan,” paparnya.

Sejumlah Kepala SMP se-Lombok tengah yang hadir juga melayangkan apresiasi penuh. Mereka ingin KJLT berkesinambungan lakukan giat pendampingan guna kawal dan menjaga semangat menulis pada siswa supaya tetap lestari. Dan terpenting KJLT bisa jadi wadah salurkan bakat tulis mereka menjadi pintu keluar karya-karyanya terpublis ke masyarakat luas.

Kepala Dinas Pendidikan diwakili oleh Kabid Pendidikan Dasar( Dikdas) Dinas Pendidikan Lombok Tengah Makbul Ramen beranggapan, kegiatan semacam Diklat ini sangat baik bagi anak-anak kita. Untuk mampu mengekspresikan kemampuannya dalam bentuk tulisan.

Makbul mengarahkan agar semua SLTP di Lombok Tengah dapat terlibat langsung ikuti Diklat kerjasama KJLT dengan Dinas Pendidikan Lombok Tengah.

” Mari kita belajar menulis yang baik dan menulis yang baik-baik agar bisa menjadi informasi akurat sesuai dengan fakta yang ada,” katanya.

Dengan bangga, ucapan terima kasih serta apresiasi kepada KJLT dilontarkan atas inisiatif ikut serta berkonstribusi untuk kemajuan dunia pendidikan di Lombok Tengah.

“Penulisan yang dituangkan oleh anak-anak kita akan semakin bagus tatkala nanti telah mengikuti Diklat ini ,reka-rekan KJLT, kami persilahkan untuk terus turut serta berkontribusi bagi dunia pendidikan di Lombok Tengah,” imbuhnya.

Diharapkan, program ini dapat bermanfaat dan berjalan lancar. Lahir wartawan-wartawan yang handal dan profesional dimasa depan. Mengingat keberadaan jurnalis ini peranannya sangat penting.

”Seperti kata pepatah, dunia terasa gelap tanpa adanya teman-teman wartawan memberikan informasi kepada masyarakat," tandasnya. (irs)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close