Breaking News

Pemda Raih Best Halal pada IHYA 2022, Ketua DPRD Harapkan Implementasi Sertifikasi Halal Lebih Gencar

 


Sumbawa Besar,  (postkotantb.com) - Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa  Abdul Rafiq memberikan apresiasi kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Sumbawa yang telah   mensupport terbentuknya Ekosistem industri halal,  baginya Indonesia saat ini tengah gencarnya berupaya menjadi pusat industri halal dunia. Demikian dikatakan kepada media ini selepas mengikuti upacara Peringatan Hari Jadi Kabupaten Sumbawa ke 64 (22/1/23).

"Tadi kita mendengar pada  sambutan Hari jadi Kabupaten Sumbawa ke 64, Bupati Sumbawa Drs H Mahmud Abdullah mengangkat tentang ekosistem industri halal, dan pada tahun 2022 lalu telah mendapatkan 3 penghargaan dari Pemerintah Pusat  diantaranya adalah Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2022, Best Halal Program Support pada Indonesia Halal Industry Award (IHYA) 2022 dan Best Halal Innovation pada Indonesia Halal Industri Award (IHYA) 2022. Atas hal ini yang paling penting sekarang adalah menjadikan  momentum ini sebagai pelecut bagi UMKM kita dalam melengkapi usahanya dengan sertifikat halal.  Hal demikian  adalah peluang bagi UMKM naik kelas, karena sertifikat halal ini memiliki nilai tambah dari segi keamanan produk, kehalalan dan daya saing produk" Urainya.


Kita berharap dengan keberadaan Pusat Halal Kabupaten Sumbawa dapat memfasilitasi kebutuhan pelaku UMKM dan IKM yang ada di Kabupaten Sumbawa, karena kami pahami bahwa beberapa tahun silam untuk mengurus sertifikasi halal ini butuh Biaya yang tidak sedikit dan juga keterbatasan Sumberdaya Manusia kita di Daerah.

"Semoga dengan adanya Pusat Halal  (Halal Center) di Kabupaten Sumbawa lebih gencar  lagi dalam menjalankan tugas pembinaan, pendampingan sertifikasi halal" Ungkap Rafiq yang juga Ketua Ikatan Keluarga Lombok Sumbawa ini.


Kemudian lanjut Rafiq, kedepannya dibutuhkan kolaborasi para pihak yang memiliki kompetensi dan perhatian lebih terhadap hal ini baik akademisi- Kampus yang ada, komunitas usaha, pemerintah daerah melalui OPD terkait, media sebagai corong informasi dan juga pihak penyedia Finansial  atau lembaga keuangan kerena saya yakini kita tidak bisa berjalan sendirian. DPRD melalui tupoksinya siap support" urai Rafiq.


"Kami mengajak  semua pihak untuk mensupport ekosistem industri halal ini, dan tentunya bagi pelaku usaha untuk segera mengurus sertifikat halal.  Ini bukan sekedar selera, tapi sebagai kewajiban dan tuntutan jika kita ingin produk kita mendunia" Pungkas Rafiq.(Lalu/Ruf)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close