Breaking News

Kana:Kungker Ke Dewan Pers Bantu Fasilitasi Wartawan Tastura Tingkatkan Kapasitas

 


Lombok tengah, (postkotantb.com) - Sadar akan pentingnya peran media. Dengan bangga, Sekretariat Dewan DPRD Lombok tengah bisa bantu fasilitasi segenap wartawan yang berkecimpung di Daerah Tastura lakukan Kunjungan Kerja (Kungker) ke Dewan Pers di Jakarta beberapa waktu lalu.

Sekretaris Dewan DPRD Lombok tengah Suhadi Kana pada kamis (23/02/2023) lalu. Berbagi cerita bagi rekan-rekan media yang tidak bisa ikut rombongan. Bahwa  tujuan Kungker tidak lain semata-mata sebagai bentuk perhatian dan dukungan penuh Pemda Loteng, ditandai keikutsertaan Sekda Lombok Tengah secara langsung untuk turut membantu tingkatkan kapasitas dan pengetahuan.


"Setibanya di sana kita diterima dengan hangat oleh salah seorang anggota Dewan Pers pak Sapto Anggoro," kata Kana.

Dalam diskusi, lanjutnya, rombongan mendapat penjelasan luar biasa terkait keberadaan Pers kekinian. Bagaimana regulasi-regulasi terbaru semacam kewajiban setiap individu wartawan mengikuti Uji Kompetensi (UK) dalam menunjang profesinya dengan peroleh sertifikasi.

"Ternyata tidak sembarang bisa jadi jurnalis, banyak tahapan yang harus dilalui," ujarnya.

Dewan pers dalam keterangannya siap bantu fasilitasi adakan UK. Dengan menunjuk lembaga-lembaga yang direkomendasikan.

Diketahui, wartawan Loteng hanya sebagian kecil yang sudah UK. Maka Kana mendorong agar seluruhnya dapat ikuti UK tanpa terkecuali.

Sisi lain, Dia juga mengatensi Perusahaan media yang belum penuhi syarat sesuai ketetapan Dewan Pers.

" Sekarang banyak dengan mudahnya bikin media, posisinya juga rangkap, dia yang jadi pimpinan perusahaan, dia juga yang jadi pimpinan redaksi, bahkan jadi wartawannya langsung, padahal itu tidak boleh harus terpisah sesuai uraian pak Anggoro," tambah Kana.

Diharapkan, semoga tambahan ilmu yang didapat, jadi bahan evaluasi baik dalam tatakelola administrasi perusahaannya dan pola-pola kerja jurnalistik.

Ditanya mengenai bentuk akomodir Pemda Loteng terhadap jurnalis selama ini, diungkapkan telah berjalan dengan baik dan harmonis.

" Program, kegiatan, dan kerja Pemda begitupun DPRD alhamdulillah telah terbantu terpublikasi secara rutin oleh kawan-kawan jurnalis, terjalin kerjasama dan kolaborasi yang erat sebagai satu kasatuan 4 pilar Demokrasi kebangsaan antara Eksekutif, Legislatif, Yudikatif dan Pers sebagai bentuk tanggung jawab bersama," tandasnya. (Irs)

0 Komentar

Posting Komentar
DISCLAIMER: POST KOTA NTB menggunakan iklan pihak ketiga ADSTERRA. Kami tidak bisa sepenuhnya mengatur tayangan iklan. Jika muncul tayangan iklan yang dianggap melanggar ketentuan, harap hubungi kami untuk kami tindaklanjuti.

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close