Breaking News

Tinjau Posyandu di Loteng, Wagub Tekankan Pentingnya Pemeriksaan Selama Kehamilan dan PMT Bagi Anak Stunting

 



Lombok Tengah, (postkotantb.com) - Wakil Gubernur NTB Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah M.Pd mengunjungi Posyandu Keluarga Karang Baru, Desa Segala Anyar Kecamatan Pujut, Lombok Tengah, Senin (20/02/2023).

Ummi Rohmi sapaan Wagub NTB, menekankan pentingnya pemeriksaan bagi ibu hamil, secara rutin dan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) berupa protein hewani bagi anak-anak stunting.

"Protein hewani itu sangat penting untuk pertumbuhan, seperti telur, daging, ikan itu bagus untuk anak-anak kita setiap hari," jelas Ummi Rohmi.

Selain itu, beliau meyampaikan bahwa stunting bukanlah aib, sehingga mereka tidak perlu malu, karena stunting pada prinsipnya sama dengan penyakit lain yang bisa disembuhkan.
Tercatat data stunting saat ini di posyandu Keluarga Karang Baru dari sebanyak 7 anak kini tinggal 2 anak namun sudah hampir normal kembali.

Selain itu Wagub NTB juga menyampaikan pentingnya pemeriksaan kehamilan secara rutin untuk mencegah kematian ibu dan bayi. Melihat dari 11 kasus kematian bayi salah satunya dari Desa tersebut.

"Yang agak signifikan di sini adalah kematian bayi, di tahun 2022 ada 11 kasus dari enam Desa, salah satunya di desa ini," lanjutnya.

Maka dari itu, Wagub berharap intervensi nya bisa langsung menukik ke sasaran, jelas, seperti sisi gizi juga lingkungan. Dengan sudah tersedianya alat USG saat ini di puskesmas, diharapkan para ibu hamil rutin melakukan pemeriksaan. Edukasi kepada ibu hamil, remaja, serta lansia terus diberikan sehingga angka kematian ibu dan bayi, pernikahan anak semua menjadi aman.

Kepala Desa Segala Anyar, Ahmad Zaini S.IP juga menyampaikan pada tahun 2023 ada intervensi anggaran untuk pencegahan penanganan stunting, dan pemberian secara rutin setiap bulan.

"Termasuk satu kegiatan yg kita anggarkan yaitu kesehatan bagi ibu dan bayi, juga sudah kami intervensi di APBD, juga peningkatan kapasitas kader yang kita lakukan," ungkap Ahmad Zaini. (Rin)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close