Breaking News

AMANAT Lakukan Gugatan Class Action Dugaan Pelanggaran dan Kejahatan PT AMNT, Ini Tanggapan Kadis ESDM Prov NTB

 


Ir. Zainal Abidin M.Si Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) NTB


Sumbawa Barat, (postkotantb.com) - Lembaga Aliansi Masyarakat Anti Mafia Tambang (AMANAT), akan melakukan Gugatan Class Action, terhadap Pemerintah dan PT AMNT atas Dugaan Pelanggaran dan Kejahatan yang dilakukan oleh perusahaan tersebut.

Di dalam baliho yang sudah terpasang di Sekretariat LSM AMANAT Jalan Raya Bertong Kabupaten Sumbawa Barat, dinyatakan dalam rangka memaksimalkan perjuangan hak hak dan keadilan bagi masyarakat KSB, AMANAT mengajak seluruh elemen masyarakat Sumbawa Barat untuk melakukan proses hukum atas semua pelanggaran  oleh PT AMNT.

Menyikapi persoalan gugatan tersebut, Kepala Dinas Energi Sumber Daya Manusia (ESDM) Provinsi Nusa Tenggara Barat Ir.Zaenal Abidin. M.Si menanggapi dengan santai, silahkan saja kalau AMANAT mau melakukan Gugatan Class Action atas dugaan pelanggaran yang dilakukan oleh PT AMNT, namun hingga saat ini pihaknya belum menerima tembusan atau materi gugatan apa yang dituntut oleh AMANAT " kami belum menerima materi gugatan AMANAT, namun pihaknya selalu siap dn menunggu " kata Zaenal Abidin via seluler kepada media pada selasa (07/03/2023 ).


Menurut Zaenal, bahwa apa yang dilakukan oleh AMANAT itu sah - sah saja dan itu dibenarkan oleh undang- undang, class action itu kata Zaenal adalah Gugatan perwakilan kelompok atau gugatan kelompok atau class action, adalah suatu tata cara pengajuan gugatan, dimana satu orang atau lebih yang mewakili kelompok mengajukan gugatan untuk diri mereka sendiri dan sekaligus mewakili kelompok orang dengan jumlah banyak, yang memiliki kesamaan fakta atau dasar hukum antara wakil kelompok dan anggota kelompok yang dimaksud.papar Bang Abe sapaan akrabnya kadis ESDM NTB itu.

"hingga saat ini saya belum mendapat info, materi apa saja yang digugat oleh AMANAT dalam gugatan Class action, dan ditujukan ke pemerintahan yang mana, apakah Kementerian ESDM, Pemprov NTB Ataukah Pemda KSB " katanya sedikit bingung. (Edi)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close