Breaking News

Dinas PUPR KSB Siapkan Anggaran 2 Milyar untuk Bangun Bendungan Lamunga

 





Sahril.ST Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Kabupaten Sumbawa Barat (KSB)


Sumbawa Barat, (postkotantb.com) - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Sumbawa Barat melalui Bidang Sumber Daya Air (BSDA), anggaran APBD Murni tahun 2023 ini, akan melaksanakan Peningkatan Pembangunan Bendungan Lamunga dengan pagu Anggaran 2 Milyar.

Tujuan dianggarkan Pembangunan Bendungan Lamunga adalah untuk meningkatkan kemanfaatan fungsi sumber daya air, pengawetan air, pengendalian daya rusak air, dan fungsi pengamanan tampungan air atau tampungan lumpur disaat musim hujan, Hal ini dikatakan oleh Sahril ST Kepala Dinas PUPR Sumbawa Barat kepada media pada, Senin (13/03/2023)

Sahril juga  mengatakan, tujuan dibangunnya bendungan adalah agar produktivitas pertanian terutama padi dan komoditas holtikultura bisa naik yang akan berdampak pada ketahanan pangan.

“Itulah tujuan utama dari dibangunnya bendungan di Lamunga , selain memang ada juga fungsi lainnya untuk wisata, pembangkit listrik dan penyediaan air baku,” tutur Sahril

Masih kata Sahril, Salah satu manfaat bendungan bagi manusia ialah untuk irigasi.Selain itu, masih ada manfaat bendungan lainnya.Bendungan merupakan konstruksi yang dibangun untuk menahan laju aliran air pada sungai dan membentuk sebuah tampungan air yang biasa disebut waduk.

”hadirnya Bendungan Lamunga, memiliki beberapa manfaat penting antara lain irigasi, penyediaan air bersih, sebagai PLTA, pengendali banjir, perikanan, pariwisata dan olahraga air. Dalam pembangunan bendungan tentu bertujuan untuk memberikan manfaat dan kesejahteraan bagi masyarakat tetutama petani, agar Pembangunan ditujukan untuk mencapai kondisi yang lebih baik dari sebelumnya”. Cetus Sahril

Sementara, Dinas PUPR melalui Bidang SDA juga akan melakukan sambung pekerjaan  jaringan irigasi Talonang yang belun selesai pada tahun kemarin dengan pagu anggaran 930 juta,  ” menyambung dari pekerjaan pertama yang sudah ada, saat ini dalam proses perencanaan, tender melalui LPSE ” katanya mantap (edi)



0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close