Breaking News

Pemkab Raih UHC Award, Rafiq: Masih Ada Warga Belum Paham Cara Ngurus Program BPJS

 


Abdul Rafiq.SH ketua DPRD Kabupaten Sumbawa saat menjenguk salah satu pasien di Rumah Sakit Rumah sakit H.L Manambai Abdul Kadir Sumbawa.

Sumbawa Besar,(postkotantb.com) - Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa, Abdul Rafiq mengapresiasi Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemkab) Sumbawa, atas penghargaan UHC (Universal Health Coverage) Award dari BPJS Kesehatan Pusat.

Kendati begitu, ia mengingatkan, masih ada warga yang belum mengetahui dan paham cara mengurus program BPJS yang ditanggung pemerintah. Bahkan ia menyebut warga kerap juga terhalang masalah administrasi kependudukan.

Karenanya, ia mendesak pemkab melalui Kades, Lurah Camat ataupun Puskesmas, lebih proaktif mencari informasi warga yang butuh fasilitas BPJS. "Perlu  dikasih tahu cara daftarnya, jangan sampai nunggu sakit," imbaunya, saat dikonfirmasi, Senin, (20/03/2023)


Rafiq memaparkan, pihak Desa, kelurahan maupun Puskesmas, diimbau bisa jadi fasilitator agar warga mendapatkan BPJS kelas III. Untuk itu, perlu sosialisasi. Sebab, dirinya menemukan semua keluarga dalam satu KK mendapatkan BPJS. "Kecuali anaknya yang baru lahir," bebernya

Seharusnya, ada pemutakhiran data. Karena anak yang baru lahir administrasinya pasti diurus. Dan itu, melibatkan Desa atau kelurahan dan kecamatan. Dengan demikian, secara otomatis terupdate juga BPJS nya.

"Namun pada kenyataannya warga tetap harus mengurus untuk memasukkan anaknya itu." demikian Rafiq. (Lalu/Ruf)


0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close