Breaking News

Pertemuan Koordinasi Komisi Pengawas Pupuk dan Pestisida KLU Tahun 2023

 


Lombok Utara, (postkotantb.com) - Sekretaris daerah Kabupaten Lombok Utara, atas nama Bupati mengatakan, "Pemerintah Daerah KLU, Anding Dwi Cahyadi,S.STP menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan hari ini, Rabu (08/03-2023) dalam rangka percepatan pelayanan kebutuhan dasar masyarakat KLU agar dapat melangsungkan kehidupan sehari hari dalam rangka mewujudkan kesejahteraan pada masyarakat mendatang".

Pangan sebagai kebutuhan mendasar manusia untuk mempertahankan hidup, maka kecukupan pangan bagi setiap orang sepanjang kehidupannya merupakan hak Azasi manusia yang harus dipenuhi. Oleh karena itu pencapaian sasaran sesuai dengan target dalam Renstra Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan DKP3 KLU menjadi salah satun prioritas pembangunan daerah.


Pupuk dan Pertusida menjadi sarana produksi yang menentukan pencapaian sasaran produksi pertanian, maka kedua sarana ini harus tersedia sesuai dengan enam prinsip utama yaitu, Tepat Mutu, Tepat Jumlah, Tepat Jenis, Tepat Harga, Tepat Waktu dan Tempat. Ujar sekda.

Anding Dwi Cahyadi menambahkan, sejumlah upaya strategis telah diambil pemerintah daerah dalam rangka penyediaan pupuk dan pestisida untuk memenuhi prinsip prinsip tersebut, sehingga khisusn untuk penyediaan pupuk agar mudah di akses oleh petani kita.

pada tahun 2022, Lombok Utara menjadi kabupaten dengan penyebaran pupuk bersubsidi tertinggi dibanding kabupaten lain di NTB, sehingga mendapat apresiasi pemerintah provinsi.


Melalui kesempatan ini pemerintah daerah berharap untuk tahun 2023 ini, ditengah kondisi ekonomi global yang suram pemerintah daerah dapat mempertahankan bahkan meningkatkan penyerapan pupuk bersubsidi sesuai e-alokasi yang telah di tentukan oleh pemerintah pusat.

Kebijakan lain yang di tempuh bidang pestisida adalah pemberlakuan deregulasi dibidang pendaftaran pupuk dan pestisida.
kebijakan ini memberikan dampak semakin banyaknya jenis pupuk dan pestisida yang di izinkan beredar oleh Mentri pertanian.

Peluang ini diharapkan dapat memberi kesempatan kepada petani, untuk memilih jenis pupuk dan pestisida sesuai kemampuan daya belinya. (@ng)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close