Breaking News

Kuota Jamaah Haji Loteng Tahun Ini Naik 100 Persen

 


Lombok Tengah, (postkotantb.com) - Kuota jamaah haji Kabupaten Lombok Tengah naik 100 persen. Estimasi angkanya bertambah 2 kali lipat menjadi 844 orang dibanding tahun sebelumnya.

Lebih rinci, Kasi PHU Kemenag Loteng, HL.Samsul Hadi, MH menjabarkan, untuk keberangakatan jamaah haji berdasarkan urut porsi sebanyak 415 orang. Kategori lunas tunda tahun 2020 sejumlah 349 orang dan lunas tunda 2022 tercatat 52 orang. Dan prioritas lansia sekitar 28 orang.

"Di luar itu ada juga jamaah cadangan 94 orang, yang jadi opsi alternatif pengganti jika ada jamaah reguler gagal berangkat alasan sakit, tidak melunasi biaya dan lainnya," ujar Samsul.

Jamaah cadangan, lanjutnya, otomatis berangkat tahun depan. Ada lagi hal lain disebut pelimpahan porsi jamaah haji meninggal dunia yg dilimpahkan kepada ahli waris seperti suami atau istri,anak kandung dan saudara kandung.

Lebih jauh, Samsul menjelaskan, jamaah haji Lombok Tengah InsyaAllah akan terbagi 2 kloter. Mengenai keberangkatan masih bersifat rencana, jadwal resmi belum keluar. Jika tidak ada kendala, gelombang pertama rencana dihajatkan berangkat tanggal 24 juni. Sementara gelombang kedua 8 juli 2023.

Untuk giat sekarang ini, Kemenag tengah berproses seperti urus kelengkapan administrasi terkait pelunasan sesuai Peraturan Menteri Agama. Jadwal pelunasan BPIH reguler mulai tanggal 11 April sampai 5 Mei 2023.

"Kami juga tengah melakukan perekaman biometrik kepada jamaah," ujarnya.

Diharapkan, jamaah selalu jaga kesehatan, hati dan pikiran untuk bisa jalankan ibadah haji dengan lancar dan aman. (Irs)

0 Komentar

Posting Komentar
DISCLAIMER: POST KOTA NTB menggunakan iklan pihak ketiga ADSTERRA. Kami tidak bisa sepenuhnya mengatur tayangan iklan. Jika muncul tayangan iklan yang dianggap melanggar ketentuan, harap hubungi kami untuk kami tindaklanjuti.

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close