Breaking News

Komitmen Legislatif dan Eksekutif Harus Jalan Beriringan, Ini Penjelasan Ketua DPRD Loteng

 


M.Tauhid Ketua DPRD Lombok Tengah. FOTO: Lalu M.Irsyadi PKN


Lombok Tengah, (postkotantb.com) - Grafik tingkat kesuksesan suatu Pemerintahan dalam konteks sistem demokrasi sangat ditentukan dengan bagaimana sinkronisasi fungsi legislatif dan eksekutif. Keduanya harus berjalan beriringan. Melalui pokok-pokok pikiran usulan DPR menjadi bahan pertimbangan Eksekutif untuk melahirkan kebijakan bagi kemajuan masyarakat.Tak terkecuali berlaku juga di lingkup Pemerintahan Kabupaten Lombok Tengah.

"Iya, komitmen kita kan harus selalu sama dengan Pemda dalam segala kondisi," ujar M.Tauhid Ketua DPRD Lombok Tengah kepada postkotantb.com, Selasa (11/04/2023 ).

Pihak DPRD, ungkapnya, senantiasa mendukung setiap langkah Pemda selagi itu sesuai koridor yang ada. Terutama dalam memutuskan dan mendahulukan mana yang menjadi skala prioritas tanpa menyampingkan hal urgen lainnya seperti yang tergambar dalam kegiatan Musrenbang untuk menentukan sebuah RKPD tahun berikutnya.

Sesuai kata Bupati Pathul, semua penting, tapi ada yang bersifat kepentingan paling mendesak, diatas kepentingan yang penting. Semisal contoh penting bangun jalan, tapi butuh biaya besar 3 trilyun. Kalau jalan saja dibangun maka pertaruhannya kita tidak akan makan selama 2 tahun. Sehingga semua harus bertahap ketika kondisi Anggaran belum stabil.

Mengacu dari hal tersebut, M.Tauhid mengapresiasi langkah Pemda sesuai arahan Pusat saat ini prioritaskan bidang kesehatan dan bidang pendidikan.

" Upaya menyehatkan dan mencerdaskan tonggak lahirkan keseimbangan pembangunan baik fisik/infrastruktur maupun SDM, " paparnya.

Di APBD 2023, tutur Tauhid, banyak dari hasil reses (serapan aspirasi masyarakat) yang sudah kita usulkan untuk ditindak lanjuti di masing masing OPD. Namun belum bisa dilaksanakan, karena sebagian besar dari pokir Dewan tahun 2023  digeser ke bidang kesehatan dan pendidikan.

Jika dikatakan Loteng semakin banyak pekerjaan rumah. Tauhid menekankan perlunya sinergi yang kuat untuk bersama-sama mencari solusi terbaik dalam upaya terus lakukan perbaikan dan inovasi.

"Karena pembangunan adalah tanggungjawab kita bersama, " tandasnya. (Irs)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close