Breaking News

Pemkab Lobar Gelar Kegiatan Peringatan Nuzulul Qur'an dan Khataman Al-Qur'an

 


Bupati Lobar H. Fauzan Khalid saat memberikan sambutan pada Kegiatan Nuzulul Qur'an dan khataman Al-Quran Zikir dan D'oa bersama. Kegiatan religi yang digelar di Bencingah Kabupaten Lombok Barat pada Kamis (13/04/2023).FOTO: Dinas Kominfo Lobar.


Lombok Barat (postkotantb.com) – Dalam Rangka Memperingati Hari Ulang Tahun Kabupaten Lombok Barat Ke-65, Pemerintah Kabupaten Lobar menggelar kegiatan Nuzulul Qur'an dan Khataman Al-Qur’an, Zikir dan D'oa bersama. Kegiatan religi yang digelar di Bencingah Kabupaten Lombok Barat pada Kamis (13/04/2023).

Dihadiri oleh Bupati Lobar H. Fauzan Khalid, Rektor UIN Mataram Prof. Dr. TGH. Masnun Tahir, M.Ag., Sekda Lobar H. Ilham, Para Asisten, Anggota Forkopimda, Ketua TP-PKK, Kepala OPD, Staff ahli, Camat, Para Tuan Guru, ASN  dan Non ASN di Lingkup Pemerintah Kabupaten Lombok Barat, Instansi Vertikal, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Organisasi Keagamaan lainnya, Pelajar SMP dan MTs Se-Kecamatan Gerung.

Bupati Lobar H. Fauzan Khalid dalam sambutannya menjelaskan, bahwa Kegiatan Nuzulul Qur'an dan khataman Al-Quran ini sangat bermanfaat bagi masyarakat. Ia mengatakan, bahwa tradisi khataman Al-Qur’an akan tetap dilaksanakan oleh Pemda bersama masyarakat dalam berbagai kesempatan. Hal ini karena pembacaan ayat suci Al Qur’an ini memberikan ketenangan dan kedamaian bagi masyarakat. Ulasnya.


Selain itu khataman Al-Qur'an ini juga memberikan semangat dan spirit yang kuat dalam pembangunan. “Kegiatan ini menjadi agenda rutin bagi Lombok Barat agar masyarakat tetap memperoleh ramah dan berkah dari Allah SWT", ujarnya.

H.Fauzan Khalid juga berharap agar Khataman Al-Qur’an ini menjadi semangat dan spirit baik dikalangan masyarakat khususnya generasi muda. Dengan khataman Al-Quran ini ia berharap agar generasi muda memiliki bekal dan modal serta kekuatan moral dan spiritual sehingga terhindar dari berbagai masalah sosial di masyarakat.


“Dengan cinta Al-Quran saya yakin generasi muda akan kuat dan kokoh dalam moral sehingga dapat membentengi diri dari berbagai aktivitas negatif. Membangun generasi muda harus dimulai dengan penguatan mental dan moral” ucapnya.

Sementara itu Ketua Panitia Pelaksanaan Nuzulul Qur'an dan Khataman Al-Qur’an H. Ilham yang juga Sekda Kabupaten Lombok Barat melaporkan bahwa dengan mengambil tema Bangkit dan Produktif Dibawah Nilai Universal Al-Quran Menuju Lombok Barat Maju dan Mandiri.

Rangkaian Nuzulul Qur'an dan Khataman Al-Quran merupakan agenda ke 20 dari total 23 agenda pelaksanaan HUT Lobar ke 65. Selain itu kegiatan ini akan dilaksanakan kegiatan Santunan anak yatim sebanyak 5000 dan Nikah Massal yang diikuti oleh 122 pasangan pengantin yang yang ada di kabupaten Lombok Barat.


Sekda juga mengatakan bahwa dengan kegiatan ini diharapkan agar semua masyarakat Lombok Barat untuk terus mengedepankan semangat persatuan dan kebersamaan dalam pembangunan. "Kami sampaikan kegiatan ini merupakan agenda ke 20 dari 23 rangkaian kegiatan peringatan HUT Lobar Ke 65". sampainya.
 

Kegiatan Khataman Al-Quran yang rencananya akan dilaksanakan selama 1 hari secara non stop ini diawali dengan shalat Ashar di Bencingah Agung Kabupaten Lombok Barat.

Pembukaan Khataman Qur’an yang dilaksanakan pada bulan Ramadhan ini dilaksanakan dengan buka puasa bersama. Kegiatan Khataman Al Qur’an ini menghadirkan 30 hafiz dari delapan (8) Pondok Pesantren yang tersebar Se-Kabupaten Lombok Barat. (Red)


0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close