Breaking News

Sedia Payung Sebelum Hujan Program Non Fisik TMMD Masyarakat Labulia Menerima STBA

 


Kodim 1620/Loteng menggelar Sosialisasi Tanggap Bencana Alam (STBA) kepada masyarakat di aula kantor Desa Labulia Kecamatan Jonggat Lombok Tengah, Selasa (26/7/2023).


Lombok Tengah (postkotantb.com) - Sinergi lintas sektoral mewujudkan kemanunggalan rakyat semakin kuat dalam program kegiatan non fisik Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-117, Kodim 1620/Loteng menggelar sosialisasi tanggap bencana alam (STBA) kepada masyarakat di aula kantor Desa Labulia Kecamatan Jonggat Lombok Tengah, Selasa (26/7/2023).

Sosialisasi tersebut di sampaikan langsung oleh Kepala Bidang (Kabid) pencegahan dan kesiapsiagaan Lalu Kertanayang yang di hadiri Kepala staf Kodim (Kasdim) 1620/Loteng Mayor Inf Muhammad Syukur, Danramil 06/Jonggat Kapten Inf Syaiful, Kades Labulia Mahjat dan para tokoh masyarakat, agama dan pemuda maupun masyarakat setempat.

"Tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan informasi secara langsung mengenai bencana, daerah rawan bencana, ancaman bencana, kerentanan, kapasitas masyarakat dalam upaya pencegahan dan kesiapsiagaan menghadapi bencana," Ujar Kasdim usai sosialisasi.

Menurutnya, sosialisasi tanggap bencana tersebut merupakan bagian dari program kegiatan non fisik TMMD, selain beberapa kegiatan fisik yang di laksanakan di beberapa desa, secara terprogram sehingga tujuan akhir dari pelaksanaan semata mata demi kepentingan masyarakat khususnya Lombok Tengah.

"Karena melalui sosialisasi kesiapan tanggap bencana alam ibarat sedia payung sebelum hujan agar masyarakat paham akan kebencanaan," ungkap Kasdim.

Selain itu, dalam sosialisasi juga di sampaikan beberapa pengkajian kepada masyarakat yang tepat terhadap lokasi, kerusakan dan sumberdaya sebagai penentuan status keadaan darurat bencana. Penyelamatan dan evakuasi masyarakat terkena bencana.

"Sehingga kedepan, ketika terjadi bencana masyarakat mengerti apa yang harus dilakukan dan tindakan yang harus dilaksanakan dalam mengevaluasi diri," kata Kasdim.

Diharapkan melalui program ini dapat menyebarluaskan hasil pertemuan kepada masyarakat sekitarnya sehingga pemahaman/kapasitas masyarakat mengenai kebencanaan akan makin meningkat," tandas Kasdim. (Irs)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close