Breaking News

Bupati HW Musyafirin Ingatkan Para Pelaku UMKM Bahwa Branding Produk Lokal itu Sangat Penting

 


Bupati HW.Musyafirin membuka Mini Exhibition UMKM Mitra AMMAN bertempat di halaman Graha Fitrah Kantor Bupati Sumbawa Barat Minggu (6/08/2023).


Sumbawa Barat (postkotantb.com) - Bupati Sumbawa Barat, Dr.Ir.H.W.Musyafirin.,MM berkesempatan membuka Mini Exhibition UMKM Mitra AMMAN bertempat di halaman Graha Fitrah Kantor Bupati Sumbawa Barat, Ahad (06/8/2023) pada pagi hari pukul 08.30 Wita.

kegiatan tersebut dihadiri oleh UMKM yang menjadi mitra AMMAN. Hadir bersama Bupati dalam kesempatan tersebut, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa Barat, Merliza S.Sos.,MM, Kepala Dinas Disperindag UMKM KSB Drs.L.Ashar dan Ketua TP. PKK Kabupaten Sumbawa Barat Hj.Hanipa Musyafirin,S.Pt.

Kegiatan tersebut merupakan rangkaian pelaksanaan kegiatan Program Pendampingan dan Pelatihan UMKM tahap 1 dan 2 yang telah dilaksanakan oleh PT. AMNT di Kabupaten Sumbawa Barat.
Dalam laporannya, Devina selaku Ceo Narasa sebagai penyelenggara kegiatan menerangkan, bahwa kegiatan tersebut memberikan pelatihan dan pembekalan kepada para pelaku UMKM KSB dalam menggunakan digital marketing, branding, pembuatan logo, untuk membangun image produk mereka.

Dikatakan Devina, bahwa Mini exibision sinergi dan selaras merupakan bagian dari ekspose produk setelah dialaksanaknnya pelatihan tahap 1 selama 6 bulan, dan tahap 2 selama 15 bulan. Kegoatan tersebut dilaksankaan sebagai upaya untuk memperkanalkan UMKM lokal agar bisa menjadikan oleh oleh bagi pengunjung dan dapat berkontribusi bagi perekonomian lokal dan pasruwisata yang ada di Kabupaten Sumbawa Barat. Dari pelaksanaan kegiatan tersebut, apresiasi, semangat dan daya juang tanpa batas para UMKM sunguh sangat luarbiasa. Setiap gerakan perubahan membutuhkan teman yang handal dan dapat diterpercaya, Papar Devina

Sementara itu, Dimas purnama selaku Manajer Comunity development Sosial Infact PT.AMNT menyampaikan bahwa kegiatan tersebut sebagai upaya dari perusahaan untuk mengembangkan ekonomi lokal. Berkolaborasi dengan berbagai pihak, terdapat sebanyak 79 UMKM yang menjadi mitra AMMAN.

Pada tahap awal dilaksankan dengan jumlah peserta terbatas, kemudian tahap kedua dilanjutkan karena melihat antusiame dan dampak yang dihasilkan bagus. Selain itu juga dilaksanakan pelatihan di bidang design visual. Ada sebanyak 15 pemuda yang ikut dalam pelatihan design visual, dan mereka mendapatkan sertifikasi dasar design visual. Terangnya.


“Sekiranya dinas butuh untuk design visual, maka 15 pemuda ini bisa menjadi salah satu refensensi untuk kebutuhan design virtual di dinas instansi. Selain dilatih bagaimana cara branding, mereka juga dilatih bagaimana tata kelola keuangan, dan pengelolaan arus kas. Besar harapan kami agar produk UMKM KSB dapat masuk ke pemasaran nasional dan internasional melalui branding produk. Kegiatan ini simple, tapi cukup luas pengaruhnya. Ini akan memberikan dampak terhadap peningkatan revenue. AMMAN juga berkomitmen untuk melakukan perluasan promosi pada event nasional, propinsi, maupun maupun lokal". Ungkap Dimas

Sementara itu, Bupati Sumbawa Barat Dr.Ir.H.W.Musyafirin.,MM dalam sambutannya meberikan Apresiasi yang tinggi terhadap pelaksanaan kegiatan tersebut. “Sekecil apa pun yang dilakukan hari ini, tetapi ini sangat mempengaruhi produktifitas UMKM KSB. Ini saya katakan, selain dengan intervensi modal, yang paling penting jalan pikiran dan mental harus kita bangun. Ini yang harus menjadi motivasi kita untuk membangun usaha.Design grafis, branding itu sangat penting. Tambang ini akan berakhir, oleh karenanya harus kita siapkan sektor lain, dan yang paling cocok adalah Pariwisata". Urai Bupati

Pariwisata isinya yaitu para pelaku UMKM menjadi sumber mata pencaharian utama. Saya mengucapkan terimakasih, dan ini luar biasa para UMKM yang sudah bertahan hingga 15 bulan untuk pelatihan. InsyAllah UMKM maju dan pelaku usaha juga ikut maju. Terang Bupati. (Amri)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close