Breaking News

Bupati HL Pathul Bahri Ingin Jadikan Lombok Tengah Sebagai Kiblat Peresean Sasak

 


Serah terima penyalin dan ende dari Bupati HL.Pathul Bahri kepada panitia simbol dimulainya liga peresean.Foto Ist/Lalu M Irsyadi postkotantb.com Loteng


Lombok Tengah (postkotantb.com) - Menimbang pentingnya pengembangan seni budaya Sasak di tengah arus internasional yang terus mengalir ke Lombok NTB, terutama melalui jalur wisata dan Even-even kelas Nasional dan Internasional.

Bupati Lombok tengah HL.Pathul Bahri, S.Ip berkomitmen menyelaraskannya dengan mendongkrak segala potensi kearifan loka, menjadi daya tarik wisatawan salah satunya atraksi budaya peresean.


Memulai gebrakan itu, Pemda Loteng menggelar Liga Peresean dengan mengundang ratusan pepadu se Lombok, dari semua Kabupaten/Kota untuk adu ketangkasan di lapangan Bolet Praya, Lombok Tengah mulai dari tanggal 18-24 Agustus 2023.

" Pemerintah harus ambil bagian, agar budaya kita tetap utuh, sehingga masyarakat tetap bisa menjalankan aktifitas seperti peresean ini," kata bupati.


Upaya kemajuan harus berimbang, tidak hanya bagi kelas kalangan atas. Jika diselatan ada MotoGP, di utara ada Motor Cross yang akan berlangsung tanggal 26 Agustus 2023 esok. Maka masyarakat juga perlu mendapat ruang berekspresi. Dan peresean adalah jawabannya.
" Agar budaya kita booming, saya sudah komunikasi dengan ITDC, sebelum MotoGP dimulai, akan ada pagelaran peresean dulu di sirkuit," jelas bupati.

Selain untuk melestarikan budaya, tujuan utama penyelenggaraan even peresean juga semata mata untuk pererat silaturahmi antar pepadu dari seluruh penjuru pulau Lombok.

Memastikan eksistensi peresean, Bupati tidak ingin main-main, ke depan Loteng bahkan akan dihajatkan jadi kiblat atau referensi peresean Sasak.

" Kita akan adakan seminar dan buku kan persesan ini, memuat semua ketentuan, aturan, tata cara, sehingga bisa jadi padoman yang baku untuk diterapkan oleh kita semua," tegasnya.


Liga peresean diawali dengan parade pepadu. Masing-masing rombongan diiringi tiap OPD lingkup Pemda Loteng. Mengambil start pendopo Bupati, dilepas oleh wakil Bupati Lombok Tengah Dr.HM.Nursiah. Dimeriahkan pula dengan tabuhan gendang Beleq yang membakar semangat.

Kemudian acara peresean dibuka dengan pertandingan perdana kubu Lombok Tengah versus penantang asal Kota Mataram. (Irs)

Editor : Aminuddin

0 Komentar

Posting Komentar
DISCLAIMER: POST KOTA NTB menggunakan iklan pihak ketiga ADSTERRA. Kami tidak bisa sepenuhnya mengatur tayangan iklan. Jika muncul tayangan iklan yang dianggap melanggar ketentuan, harap hubungi kami untuk kami tindaklanjuti.

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close