Breaking News

Dinas LH Lotara Gelar Forum Konsultasi Publik Strategi Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah

 


FOTO IST/POSTKOTANTB.COM


Lombok Utara (postkotantb.com) -  Pemerintah Kabupaten Lombok Utara, Melalui Dinas Lingkungan Hidup gelar forum konsultasi publik Kajian Lingkungan Hidup Strategi Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (KLHSRPJMD) 2025-2045

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lombok Utara, Drs Rusdianto, MSi dalam laporan penyelenggara menyampaikan, terdapat beberapa proses yang harus dilalui dalam penyusunan KLHS RPJMD yaitu, pengintegrasian rekomendasi dalam KLHS RPJMD ke dalam kebijakan, rencana, program RPJMD Tahun 2025-2045, penjaminan mutu KLHS, dan Validasi KLHS. “Semua proses tersebut berjalan beriringan dengan proses penyusunan RPJMD Tahun 2025-2045. Sehingga diharapkan KLHS RPJMD Tahun 2025-2045 dan dilanjutkan dengan Konsultasi Publik II nanti.


Lebih lanjut, ungkap Rusdianto, bahwa tujuan pelaksanaan forum konsultasi publik adalah, menjaring dan menghimpun masukan serta harapan para masyarakat dan pemangku kepentingan mengenai identifikasi dan perumusan isu pembangunan berkelanjutan terkait dengan kebijakan rencana program dalam rancangan awal RPJMD Kabupaten Lombok Utara  2025-2045.

Terintegrasinya KLHS dalam dokumen RPJMD itu hal yang sangat penting. Agar segala dampak negatif yang mungkin muncul dalam pelaksanaan pembangunan dapat untuk diminimalisir. Sehingga dapat dikatakan bahwa KLHS, merupakan pendekatan strategis jangka panjang dalam pengelolaan lingkungan hidup menuju pembangunan yang berkelanjutan, ungkapnya. Untuk itu, ia mengatakan melalui forum konsultasi publik ini, pihaknya mengharap masukan dan saran positif dan konstruktif dari peserta forum konsultasi publik.

“Sehingga nanti akan dapat kita sepakati komitmen bersama, sekaligus rekomendasi atas perumusan mitigasi dan atau alternatif KLHS, untuk kemudian dapat kita integrasikan dalam rancangan awal RPJMD,” kata Rusdianto.


Ditempat yang sama, Asisten 2 Ir Hermanto, Mewakili Sekda karena menghadiri kegiatan yang berbeda dalam waktu yang sama.
Hermanto mengingatkan pentingnya pembangunan berkelanjutan sebagai upaya dalam menjamin keutuhan lingkungan hidup serta keselamatan, kemampuan, kesejahteraan, dan pembangunan kualitas hidup manusia.

Atas nama pribadi dan daerah menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Dinas Lingkungan Hidup KLU uang telah melaksanakan satu agenda penting yaitu, penyusunan kajian Penusunan Kajian Lingkungan Hidup Straragis sebagai langkah awal  dalam melaksanakan pembangunan yang berkelanjutan.

Senagaimana kita ketahui bersama lanjut Hermanto, KLHS merupakan merupakan instrumen pencegahan yang diamanatkan UU No. 32 tahun 2029 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup untuk wajib dilaksanakan pemerintah dan pemerintah daerah.
Pemerintah dan pemerintah daerah memastikan perencanaan pembangunannya agar sesuai dengan perinsip "Pembangunan berkelanjutan secara umum", kata Asisten 2.

Lingkungan hidup se Indonesia harus di lindunhi dan dikelola dengan baik berdasarkan aazas tanggung jawab negara, azas keberlanjutan dan azas keadilan. Pengelolaan lingkungan hidup harus memberikan manfaat ekonomik, sosial, dan budaya dengan memperhatikan kearifan lokal dan kearifan lingkungan.

Hari ini, Selasa (15/8/2023), rangkaian kegiatan yang sudah memasuki tahapan konsultasi publik dari berbagai tahapan yang sudah dilalui, konsultasi publik ini bertujuan untuk menyampaikan hasil identifikasi isu pembangunan berkelanjutan strategis KLHD RTRW KLU, juga untuk memperoleh masukan dan usulan dari para pihak terkait hasil hasil identifikasi yang sudah dilaksanakan.


Konsultasi publik ini merupakan hal yang penting karena KLHS bukan meeupakan proses secara ilmiah saja, melainkan merupakan proses musyawarah yang menguatkan keterlibatan para pemangki kepentingan, sehingga KLHS ini sarat proses komunikasi melalui negosiasi untuk mencapai kesepakatan bersama serta mengatasi konflik yang bisa teejasi dalam KLHS ini, ungkapnya.

Pada kesempatan ini, Asisten 2 Hermano mengingatkan seluruh peserta forum dapat mengikuti kegiatan tersebut dengan sungguh-sungguh sampai berakhir, seraya membuka acara "Rapat Konsultasi Publik 1 KLHSRPJMD 2025-2045 Kabupaten Lombok Utara". (@ng)

0 Komentar

Posting Komentar
DISCLAIMER: POST KOTA NTB menggunakan iklan pihak ketiga ADSTERRA. Kami tidak bisa sepenuhnya mengatur tayangan iklan. Jika muncul tayangan iklan yang dianggap melanggar ketentuan, harap hubungi kami untuk kami tindaklanjuti.

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close