Breaking News

5 Tahun Kepemimpinan Zul-Rohmi, SMKN 1 Mataram Terus Melaju Berprestasi

Kepala SMKN 1 Mataram, Drs. Ruslan.

Mataram (postkotantb.com)- Industrialisasi dan NTB bersih dan berkelanjutan merupakan dua dari enam program strategis Zul-Rohmi yang disambut baik dan diwujudkan dalam aksi nyata oleh Dinas Pendidikan Kebudayaan dan Ristek (Dikbud) NTB. Dikbud NTB menerjemahkan program strategis ini dengan pemenuhan sarana dan prasarana pembelajaran praktik.

SMKN 1 Mataram menerjemahkan aksi nyata pemenuhan sarana prasarana itu dengan sungguh-sungguh menerapkan pembelajaran berbasis Teaching Factory (TeFa). Yaitu model pembelajaran berbasis produk (barang/jasa), melalui sinergi sekolah dengan industry untuk menghasilkan lulusan yang kompeten sesuai dengan kebutuhan industri.

"Sinerginya adalah mentransfer lingkungan produksi di industry ke dalam ruang praktik kelas untuk meningkatkan kompetensi siswa berbasis aktivitas nyata dari praktik industry setiap harinya seperti menerima order, menganalisis order, menyatakan kesiapan mengerjakan order, mengerjakan order, mengevaluasi produk, menyerahkan order," ungkap Kepala SMKN 1 Mataram, Drs. Ruslan, Selasa (19/09).

Kesungguhan ini kata Ruslan, dibuktikan oleh kompetensi keahlian Tata Busana dan Multi Media mampu tampil maksimal pada acara Expo NTB tahun 2021 di STIPark Mataram dengan meraih predikat juara “PENAMPILAN TERBAIK GERAI PRODUK TEACHING FACTORY SMK se-PROVINSI NTB TAHUN 2021”.

"Penghargaan ini menjadikan Kepala Dinas Dikbud NTB serius mengembangkan pembelajaran berbasis TeFa di SMKN 1 Mataram. Dengan menetapkan sebagai sekolah penerima DAK tahun 2022. Dikbud membangun RPS konsentrasi keahlian DESAIN DAN PRODUKSI BUSANA (DPB) lengkap dengan meubler dan peralatan praktik yang berstandar industry," bebernya.

Selanjutnya, untuk memastikan alat praktik berfungsi dengan baik, SMKN 1 mataram menyelaraskan kurikulum dengan industry konveksi, menghadirkan guru tamu, melakukan kunjungan industry, dan magang guru.
 
Seiring dengan terpenuhinya sarpras yang berstandar industry, konsentrasi keahlian DPB SMKN 1 Mataram, terus memacu diri untuk menjadi yang terbaik. Sehingga dipercaya untuk mengikuti berbagai event seperti, Lombok International Modest Fashion Festival (LIMOF) 2023, Festival Pesona Khazanah Ramadhan 2023, dan festival lainnya.

Kemudian pada Expo NTB tahun 2023, SMKN 1 Mataram juga tampil maksimal dengan memamerkan  berbagai model busana dan aksesoris hasil TeFa konsentrasi keahlian Desain dan Produk Busana. Yang lebih fenomenal lagi adalah FOTOBOX hasil TeFa konsentrasi keahlian DESAIN DAN KOMUNIKASI VISUAL.

"Gubernur, kepala Dinas Dikbud, Kabid SMK, staf  Bidang SMK, dan pengunjung umum sempat berfoto di fotobox. Ini artinya pimpinan kami mengakui dan bangga dengan hasil TeFa kami," imbuhnya dengan tersenyum.

Di sisi lain, NTB bersih dan berkelanjutan sebagai program strategis kepemimpinan Zul-Rohmi disikapi serius oleh SMKN 1 Mataram dengan menumbuhkan kepedulian siswa bahwa “Sampahku adalah Tanggung jawabku”.

Wujudnya adalah mengadakan bank sampah SEASAPALA (siswa pencita alam) untuk aksi Zero Waste dan sekolah asri yang diresmikan oleh Kepala DLHK NTB, diwakili oleh kabid PSPL, FIRMANSYAH, S.Hut., M.Si. bertepatan dengan milad ke-56 SMKN 1 Mataram tgl.21 Januari 2022. SMKN 1 Mataram pukul GONG ECO SCHOOL.

Saat itu, SMKN 1 Mataram menjadi pelopor pengelolaan sampah berbasis daur ulang sampah seperti menciptakan berbagai jenis busana dari sampah oleh siswa konsentrasi keahlian Desain dan Produksi Busana dan dipercaya tampil di acara JUMPA BANG ZUL-UMI ROHMI, GEBYAR PILAH SAMPAH.  

Penggunaan sampah menjadi pupuk kompos, dan merubah sampah menjadi rupiah seperti memilah dan mengumpulkan sampah botol atau gelas plastik, untuk dirupiahkan di bank sampah SMKN 1 Mataram, bekerja sama dengan Bank Bali menggunakan aplikasi mobile “Balipay”.

Upaya menggerakan SMK sebagai bagian yang ikut mendorong industrialisasi di NTB yang dilakukan oleh Zul-Rohmi adalah menjadikan SMK sebagai BADAN LAYANAN UMUM DAERAH. SMKN 1 Mataram ikut mencalonkan diri menjadi BLUD.

Terpenuhi persyaratan kelengkapan administrasi kemudian divisitasi bukti lapangan terkait sarpras TeFa dan kegiatannya.

"Alhamduillah kado istimewa dari Bang Zul-Ummi Rohmi, SMKN 1 Mataram diberikan Surat Keputusan (SK) Gubernur Nusa Tenggara Barat, Nomor: 539.552 Tahun 2023 menjadi BLUD. Terima kasih Bang Zul, Terima kasih Ummi Rohmi," ucapnya dengan wajah haru.(RIN)

0 Komentar

Posting Komentar

Advertisement

Type and hit Enter to search

Close